Sabtu, 16 Januari 2016

THE ULTIMATE SPORT MATIC “YAMAHA NMAX”

THE ULTIMATE SPORT MATIC “YAMAHA NMAX”


Kali ini peusahaan dengan lambang garputala yaitu PT Yamaha Motor Indonesia (YMI) kembali manambah jajaran produk motornya di Indonesia. Produk ini diberi sebutan “The Ultimate Sport Matic” atau sport matic tertinggi. Motor tersebut diberi nama Yamaha Nmax. Motor tersebut secara resmi telah diluncurkan ke Indonesia tepatnya pada hari selasa tanggal 10 februari 2015 bertempat di sircuit sentul, Bogor, Jawa Barat.
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.eu/uk/products/scooters/urban-mobility/nmax.aspx#gallery=image|image=http://cdn.yamaha-motor.eu/product_assets/2016/G125YM/950-75/2016-Yamaha-G125YM-EU-Power-Red-Static-003.jpg
Kehadiran Nmax semakin menambah dan melengkapi keluarga Max series yang sebelumnya hanya di isi oleh Yamaha Vmax dan Yamaha Tmax. Nmax sendiri adalah motor dengan harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan motor max series yang lainnya. Tentunya kehadiran Nmax akan menambah persaingan motor matic dikelas 150 cc, dimana sebelumnya pada kelas 150 cc ini hanya di isi oleh pabrikan pesaing yaitu Honda PCX 150.

Hebatnya motor ini launching pertama kali hanya di Indonesia sebelum di Negara – Negara lain. Tentunya dengan ini, masyarakat indonesialah yang bisa merasakan kenyamanan motor matic Yamaha Nmax ini pertama kali. Motor matic ini juga merupakan produk global kedua yang diproduksi di Indonesia, yang dimana sebelumnya ada Yamaha YZF R25 yang dibuat di Indonesia. Tidak lengkap jika kita tidak membahas kelebihan dan keunggulan dari motor matic ini. Di bawah ini adalah kelebihan dan keunggulan dari motor Yamaha Nmax ini, yaitu:

Memiliki Desain Keluarga Max Series

Sesuai dengan namanya, pastinya motor ini didesain khas keluarga Max Series dengan tampilan yang mewah, keren dan elegant. Jika kita perhatikan sekilas motor ini mempunyai tampilan yang serupa dengan Yamaha Tmax. Karena pada awalnya motor ini memang didesain mengadopsi dari saudara tertuanya yaitu Tmax yang merupakan motor CBU ( completely Built Up ) Yamaha yang laris di Indonesia dan juga di dunia ini. Sehingga motor Yamaha Nmax ini sering disebut sebut sebagai baby Tmax.

Seperti Tmax, Yamaha Nmax juga memiliki lampu ganda dibagian depannya dan telah menggunakan lampu jenis LED. Yamaha juga mendesain stoplamp belakangnya menggunakan jenis LED. Desain lampu sein yang futuristic, Wind shield yang tampil lebih sporty pada bagian depannya, memiliki pijakan kaki yang luas dan tentunya nyaman serta memiliki bagian – bagian lain ala keluarga max series yang tentunya akan memberikan kenyamanan bagi sang pengendaranya.

Sektor Pengereman Yang Handal

Selain memberikan kenyamanan, Yamaha juga memberikan tingkat keamanan yang tinggi pada motor ini. Dapat dilihat dari rem cakram disc brake yang telah di pasang di kedua roda yang memiliki ukuran ban depan 110 / 70 – 13 M/C 48p dan ban belakang 130 / 70 – 13 M / C 63 p. Untuk menambah tingkat keamanannya Yamaha telah melengkapi motor ini dengan teknologi ABS (Anti – lock Breaking System) yang biasanya digunakan oleh motor - motor sport saat ini. Sistem pengereman ABS ini diklaim sebagai teknologi pengereman tercanggih saat ini. Motor ini merupakan motor matic pertama kali di Asia Tenggara yang menggunakan pengereman dengan teknologi ABS.

Mesin

Mesin yang digunakan pada motor ini berkapasitas 150 cc, 4 langkah, SOHC, 1 silinder, V-belt otomatis dan menggunakan system pendingin berupa cairan (Liquid Cooled). Mesin Yamha Nmax telah dibekali dengan teknologi canggih yaitu BLUE CORE sehingga akan membuat pembakaran mesin menjadi optimal, pendingin mesin akan menjadi lebih maksimal dan gesekan yang di hasilkan menjadi lebih minim. Di dalam teknologi blue corenya ini terdapat teknologi canggih yang baru yaitu VVA ( Variable Velve Actuation ). Teknologi ini berfungsi untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran. Mesin Yamaha Nmax juga dilengkapi dengan 4 valve, CVT,Diasil, Cylinder dan Forged piston. Jadi bisa dipastikan motor ini dapat mencapai kisaran 155 km/jam.

Teknologi Fuel Injection (FI)

Karena menggunakan teknologi bahan bakar Fuel Injection, tentunya akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien dan irit.

Fitur – fitur yang berkelas
Memiliki bagasi yang extra besar. Bagasi yang besar dapat menyimpan barang bawaan ketika melakukan perjalanan. Helm full face pun dapat masuk ke dalam bagasi Yamaha Nmax ini.

Memiliki panel instrument yang eksklusif layaknya moge (motor gede). Panel instrument di motor ini menyediakan berbagai macam informasi seperti odometer, jam digital, speedometer, tripmeter 1 dan 2, indicator bahan bakar, oli trip meter, F trip meter, suhu, v belt trip meter, average uel economy, Instan Fuel Economy, indikator lampu sein, lampu jauh, engine checking dan indikator ABS.

Memiliki kapasitas tangki yang besar mencpai 6,6 liter. Dengan kapasitas ini tentunya si pengendara tidak perlu sering berhenti untuk mengisi bahan bakar ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Yamaha juga memberikan kemudahan dalam pengisian bahan bakarnya karena tutup BBM pada motor ini berada di bagian underbone yang akan membuat si pengendara tak perlu turun untuk mengisi bahan bakarnya.


WARNA

Warna yang ditawarkan untuk Yamaha Nmax ini ada 4 yaitu Climax Red, Premier White, Supreme Gunmetal dan Zenith Black.
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/nmax/color.html

SPESIFIKASI

Mesin
  • Untuk mesin menggunakan tipe 4 Langkah, SOHC ( Single Over Head Camshaft ), 1 Silinder, berkapasitas 155cc, yang memakai sistem pendinginan : cairan ( Liquid Cooled ).
  • Diameter x Langkah nya : 58 mm x 58,7 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensi mesin : 10,5 : 1.
  • Daya maksimum : 11,1 kW / 8000 rpm,
  • torsi maksimum : 14,4 Nm / 6000 rpm.
  • Sistem bahan bakar yang diterapkan : Fuel Injection ( FI ).
  • Sistem penghidupan mesin : electric strater.
  • Kapasitas oli mesin : 1 liter ( total ) dan 0,90 liter ( periodik / berkala ).
  • Tipe transmisi : V- Belt Automatic.


Dimensi
  • Panjang x Lebar : 1955 mm x 740 mm
  • Tinggi : 1115 mm.
  • Jarak sumbu antar roda : 1350 mm.
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm.
  • Tinggi tempat duduk / jok : 765 mm.
  • Berat kosong motor : 127 kg.
  • Kapasitas tangki bensin : 6,6 liter.


Rangka
  • rangka : jenis tulang punggung ( Underbone ).
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • suspensi belakang : Unit Swing.
  • Ban depan berukuran : 110/70 - 13 M/C 48P
  • ban belakang berukuran : 130/70 - 13 M/C 63P.
  • Rem depan dan belakang : rem cakram disc brake ( ABS ).


Kelistrikan
  • Sistem pengapian : TCI ( Transiztorized Control Ignition ).
  • Batteray : tipe YT27V.
  • Tipe businya adalah NGK/CPR8EA-9.


HARGA

Yamaha Nmax memiliki dua varian yaitu yang menggunakan ABS dan Non ABS. Di bawah ini adalah harga Yamaha Nmax terbaru bulan Januari 2016.
Yamaha Nmax ABS : + Rp 27.400.000
Yamaha Nmax Non ABS : + Rp 23.500.000


Demikian artikel dari THE ULTIMATE SPORT MATIC “YAMAHA NMAX”. Baca juga artikel – artikel lainnya tentang Yamaha Vmax dan Yamaha Tmax.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar