Selasa, 26 Januari 2016

AKSI TANPA BATAS

AKSI TANPA BATAS


Sempat menghilang dari dunia otomotif indonesia, kini produk tersebut kembali hadir dan mengaspal di Indonesia dengan dibekali banyak pembaruan. Pabrikan dengan lambang sayap atau PT AHM Indonesia kembali membuat kejutan dengan melaunching produk terbaru andalannya yaitu Honda CB 150 R dan Honda Sonic 150 R. Namun kali ini kita hanya akan membahas Honda Sonic 150 R, untuk Honda CB 150 R kita akan bahas pada artikel selanjutnya.
Sumber gambar http://indobikermags.com/wp-content/uploads/2015/07/IMG_6452.jpg

Jika kita melihat sepintas motor ini, maka motor ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan satria Fu 150 dan juga dengan kawasaki athlete pro. Motor ini sebenarnya adalah pembaruan dari motor nova sonic 125 yang dulu pernah hadir dan mengaspal di Indonesia. Tentunya motor Sonic 150 ini nantinya akan bersaing dengan satria Fu 150 dan juga Kawasaki Athlete Pro. Karena motor ini adalah motor pembaruan, tentunya akan memiliki beberapa keunggulan. Untuk lebih tahu apa saja keunggulan dari motor ini mari kita simak ulasannya di bawah ini.

HEADLIGHT

Kita mulai dari bagian headlamp. Motor ini sudah memiliki headlamp dengan desain yang baru dan pastinya lebih garang tampilannya. desain lampunya membentuk huruf V, yang dimana lampu utamanya sudah menggunakan lampu New Sharp LED. Dimana yang kita tahu lampu dengan teknologi LED akan memiliki penerangan yang terang dan jelas, yang akan sangat berguna ketika kita berkendara pada malam hari. Pada headlight telah dilengkapi dengan lampu senja (sein) disamping kanan dan kiri.

RANGKA

Karena didesain sporty dan agar mampu melaju dengan kecepatan yang stabil saat dipacu dijalanan, motor ini dibuat menggunakan rangka bertipe Twin Perimeter yang tentunya kokoh, ringan dan pastinya kuat.

DESAIN KEREN

memiliki tampilan cover body yang di buat tajam namun tetap stylish. Untuk menunjang penampilannya motor ini di pasang 2 buah sayap pada cover body kanan dan kiri. Dibalut dengan striping yang modern dan tentunya menambah kesan sporty pada motor ini. Bagi yang suka modifikasi, motor ini telah menerapkan sistem plug and play pada bagian sayapnya, sehingga dapat dengan mudah untuk dilepas atau dibongkar pasang.


MESIN

Pabrik dengan berlambangkan sayap ini memberikan mesin bergenerasi baru pada produk sonic 150 R ini. Mesin yang digunakan berkapasitas 150 cc sesuai dengan namanya 150 R, kemudian menggunakan teknologi DOHC, 4 katup, pendingin menggunakan cairan dan kipas yang otomatis.motor ini telah menerapkan teknologi terbaru honda yaitu teknologi Injeksi (PGM - FI) yang tentunya akan membuat bahan bakar menjadi hemat. Adanya teknologi Roller Rocker Arm, Offset Cylinder dan Spinny Sleve juga akan membuat pengeluaran bahan bakar menjadi lebih hemat dan tentunya sangat efisien. untuk bore x stroke motor ini menggunakan ukuran 57,3 mm x 57,8 mm dan memiliki perbandingan komprehensi 11,3 : 1. Daya maksimum mesin adalah 11,8 kW (16 PS) / 9000 rpm. Torsi maksimal hingga 13,5 Nm (1.38 kgf.m) / 6500 rpm. untuk menempuh jarak 124 km / jam motor ini hanya mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 40.90 km / liter untuk EURO 3 dan 45.35 km / liter untuk EURO 2.

SISTEM PENDINGIN

Untuk sistem pendingin motor ini menggunakan cairan atau yang sering disebut dengan Liquid Cooled. Yang lebih canggihnya pada radiatornya motor ini telah terdapat kipas (auto fan). karena memiliki sistem auto fan tentunya kipas ini akan menyala secara otomatis ketika suhu mesin mencapai 103 derajat. dengan adanya teknologi ini tentunya mesin akan tetap konsisten dan teratur tentunya.

DIGITAL PANELMETER

bagian ini tentunya sangat wajib ada pada setiap motor. Pada motor Sonic 150 R ini telah menggunakan digital panelmeter yang modern dan canggih. Pada panelmeternya telah dilengkapi dengan informasi dasar seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, rpm dan juga trip meter. selain indikator terseebut, tersedia juga indikator lain yang terletak pada bagian atas yaitu indikator lampu sein, indikator lampu utama, indikator gigi dan juga indikator minyak pelumas.

STANG

Seperti motor kembarannya yaitu satria fu, motor Sonic ini juga telah menggunakan stang jepit yang lebih modern dan sporty. Ada beberapa tombol yang di pasangkan pada stang motor ini, pada bagian stang kanan terdapat tombol starter seperti motor - motor biasanya. Kemudian pada stang kiri terdapat tombol lampu sein, tombol Hi - Low dan tombol klakson. Motor ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena lubang kunci kontak telah menerapkan teknologi Auto Secure Key.

SUSPENSI

Untuk kenyamanan ketika mengendarai motor ini, Sonic 150 R telah menggunakan suspensi belakang monoshock.

UNDERCROWL

Untuk perlindungan mesin, motor ini telah menggunakan Undercrowl (penutup pada area mesin) yang sporty sehingga membuat tampilan yang stylish.

BAN TUBELESS

PT AHM Indonesia memberikan ban anti bocor atau yang sering disebut dengan ban tubelles pada motor ini. Pada bagian depan menggunakan ban dengan ukuran 70 / 90 - 17 38P dan pada bagian belakang menggunakan ban dengan ukuran 80 / 90 - 50 P. Kemudian pada bagian velg telah menggunakan velg baru dengan 12 jari yang sporty tentunya.


REM CAKRAM

Untuk meningkatkan keamanan, motor ini telah menggunakan rem cakram pada kedua bannya yang berguna untuk menghentikan laju motor ini. Menurut kabarnya rem cakram pada motor ini termasuk yang memiliki ukuran terbesar dikelasnya.

PIJAKAN KAKI

untuk memberikan kenyaman untuk yang dibonceng, motor ini telah menggunakan pijakan kaki yang didesain tidak menyatu pada rangka. Sehingga bagi kita yang hobi memodifikasi motor, bagian pijakan ini dapat dilepas dan diganti sesuai dengan selera kita.


STOPLAMP

Seperti motor - motor sport yang lainnya, motor ini memiliki stoplamp dengan desian yang meruncing dan telah menjadi satu dengan lampu sein. Namun sayangnya stoplamp pada motor ini belum menggunakan teknologi LED.

WARNA

Di Indonesia, motor ini hanya tersedia dalam 4 pilihan warna. yaitu merah (Energetic Red), Putih (Active White), Merah muda (Neo Magenta) dan Spartan Black (Hitam). Seperti ciri khas motor honda, motor ini juga hadir dengan warna khusus yaitu repsol edition.

Sumber gambar http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/new-honda-sonic-150r/#.VrJF1NJ97IU


SPESIFIKASI

RANGKA
  • Tipe rangka yang dipakai Twin Perimeter Frame.
  • Suspensi depan memakai jenis teleskopik, sedangkan belakang menggunakan lengan ayun dengan suspensi tunggal (monoshock).
  • Rem depan dan belakang menggunakan cakram hidrolik tunggal.
  • Ban depan memiliki ukuran 70/90 - 17 38P (tubeless) & belakang ukurannya 80/90 - 50P (tubeless).


MESIN
  • Mengusung mesin berkapasitas 149,16 cc, 4 Langkah, DOHC, 4 Katup dengan sistem pendinginan cairan serta tambahan berupa kipas (auto fan).
  • bore x stroke: 57,3 mm x 57,8 mm.
  • Perbandingan komprehensi mesin 11,3 : 1.
  • Daya maksimum yang dihasilkan 11,8 kW (16 PS) / 9000 rpm dengan torsi max sebesar 13,5 Nm (1.38 kgf.m) / 6500 rpm.
  • Tipe transmisi manual 6 percepatan dengan pola tranmisinya 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.
  • Sistem starting / penyala mesin memakai pedal dan juga electric.
  • Tipe kopling yang digunakan ialah Multiplate Wet Clutch Coil Spring.
  • Sistm suplai bahan bakar PGM-FI.
  • Sistem pelumasan jenis basah.


DIMENSI
  • Panjang keseluruhannya 1941 mm.
  • Lebarnya 669 mm.
  • Tinggi hingga mencapai 977 mm.
  • Jarak sumbu antar rodanya 1275 mm.
  • Ketinggian tempa duduk : 762 mm.
  • Jarak terendah ketanah 140 mm.
  • Berat kosong motor 114 kg.
  • Kapasitas tangki penyimpanan bahan bakar sebanyak 4 liter.
  • Kapasitas minyak pelumas mesin 1,1 liter.


KELISTRIKAN
  • Pengapian tipe Full Transisterized.
  • Tipe bateray yang dipakai MF Wet 12 V 5 Ah.
  • Tipe busi nya NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9


HARGA

Kemudian berapakah harga yang diberikan oleh pihak PT AHM Indonesia untuk motor ini?Harga motor Honda Sonic 150 R bulan Januari 2016 adalah :
Honda Sonic 150 R = Rp 21.200.000
Honda Sonic 150 R Repsol Edition = Rp 21.800.000

Harga diatas merupakan harga OTR Jakarta, yang tentunya akan berbeda dengan harga di daerah anda.


Demikian artikel pembahasan tentang Honda Sonic 150 R ini. Baca juga artikel - artikel lain yang tersedia pada blog ini tentang KAWASAKI NINJA 300 dan KAWASAKI NINJA 250 FI. Terima kasih telah membaca dan telah berkunjung pada blog ini. Sampai jumpa pada artikel - artikel selanjutnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar