Jumat, 29 Januari 2016

NM4 VULTUS "BAT BIKE"

NM4 VULTUS "BAT BIKE"


pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang motor moge dari Yamaha, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu motor gede dari pabrikan yang berlambangkan sayap itu. Bertempat di salah satu hotel di nusa dua Bali, tepatnya pada hotel nikko Honda ternyata juga mengeluarkan produk baru dengan konsep moge. Motor tersebut diberi nama Honda NM4 Vultus.

Motor ini sebenarnya didesain dengan mengusung konsep motor touring. Namun jika kita lihat, motor ini benar - benar sangat berbeda dengan motor touring, bahkan motor ini didesain sperti kendaraan masa depan, karena memiliki desain yang futuristik dan revolusioner.
Sumber gambar https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKkin40Sd0O5ZRmgddeYeKcYmnvhuK0oshpPu5aGHuTlfuHhTze-00TOqIMIVdtUEP1DkRFFZgZ_zdzkcnl3-oNyVDi9r6t2B6adBtuxI30Y70mEIQY2aCKtXFBL9305o0i4XSQK1GfDk/s1600/Spesifikasi+Honda+NM4+Vultus+2015.png

Banyak orang yang berpendapat bahwa motor ini mirip dengan motor "Bat Bike" yang di pakai oleh superhero yang memakai jubah kelalawar, yaitu Batman. Motor ini sebenarnya didesain menyerupai motor harley davidson. yang dimana pada bagian stang depannya tinggi lalu semakin kebelakang akan semakin rendah atau menurun. kemudian motor ini menggunakan satu buah jok saja seperti motor - motor harley. Namun anehnya, motor initidak menggunakan kopling sehingga mirip sperti motor skuter. Mungkin motor ini didesain dari penggabungan antara motor gede dan motor skutik. Namun untuk kepastian bentuk desain motor ini, hanyalah pihak honda yang dapat menjawabnya.

Karena berkonsep sebagai motor touring, tentunya motor ini harus dibuat menggunakan rangka yang kuat dan kokoh. Motor ini dibangun menggunakan rangka diamond dengan menggunakan pipa baja. Karena menggunakan pipa baja tentunya motor ini memiliki rangka yang kokoh dan kuat sehingga ketika dikendarai, motor ini pastinya akan stabil. Kemudian untuk menambah kenyamanan ketika motor ini dipacu dengan kecepatan tinggi, pihak yamaha telah menerapkan suspensi teleskopik dengan ukuran 43 mm, 125 mm stroke pada bagian depan. Untuk suspensi bagian belakang, motor ini menggunakan suspensi dengan tipe monoshock damper, prolink swingarm, 100 mm travel. Selanjutnya pada sektor penerangan, motor ini telah menggunakan teknologi lampu LED pada bagian lampu depan dan lampu belakang.

Tidak lengkap jika kita tidak membahas beberapa kelebihan dan keunggulan dari motor ini. Mari kita baca beberapa kebeihan dan keunggulannya di bawah ini.

MESIN

Honda NM4 ini menggunakan mesin dengan kapasitas 745 cc, 4 tak, 8 katup, SOHC, Parallel 2 silinder dengan menggunakan sistem pendingin liquid cooled. Kemudian pada mesin motor ini menggunakan bore x stroke yang memiliki ukuran 77 mm x 80 mm dengan perbandingan komprehensi 10,7 : 1.

Motor ini tentunya juga telah menggunakan teknologi khas dari honda yaitu PGM - FI yang tentunya akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat dan efisien. Dalam sebuah test yang dilakukan motor ini mampu menempuh jarak 28,4 km/1 liter bahan bakar.

Motor ini telah menggunakan teknologi Dual Clutch Transmission (DCT). Dengan teknologi tersebut motor ini mampu menghasilkan daya sebesar 40.3 kW/6250 rpm dengan torsi mencapai 68 Nm/4750 rpm. Dengan begitu motor ini mampu di pacu dengan kecepatan 180 km/jam.

TEKNOLOGI DUAL CLUTCH TRANSMISSION (DCT)

Teknologi apakah ini?? DCT ini adalah sebuah teknologi yang bisa menggabungkan 2 transmisi dalam satu gear box yaitu manual dan otomatis. Sehingga motor ini mempunyai 2 sistem perpindahan gigi. Menurut kabarnya motor ini adalah motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi ini.

Ketika kita menggunakan motor ini menggunakan sistem transmisi otomatis, maka kita akan dihadapkan dengan 2 mode berkendara yaitu mode Drive (D) dan mode sport (S). Jika kita memilih mode D maka kita akan merasakan sensasi berkendara dengan power yang standar. Namun jika kita memilih mode S maka kita akan merasakan sensasi berkendara dengan power yang lebih bertenaga. Kita hanya perlu menggeser tombol yang berada di stang kanan untuk memilih mode sesuai yang kita inginkan.

UTILITY BOX

Karena motor ini berkonsep sebagai motor touring, tentunya harus memiliki sebuah tempat untuk menyimpanan barang bawaan selama perjalanan. motor ini memiliki tempat menyimpan barang bawaan pada bagian depan sebelah kiri dan kanan lampu depan. kapasitas penyimpanan yang disediakan mencapai 4 liter. Pada motor ini telah disediakan stop kontak dengan daya 12 volt yang tentunya dapat digunakan untuk mencharge perangkat elektonik yang kita bawa ketika melakukan perjalanan. Kita hanya perlu menekan tombol yang terletak di dekat kotak penyimpanan untuk membuka kotak penyimpanan pada motor ini.
Sumber gambar http://www.revzilla.com/blog_content_image/
image/10594/DSC02022.jpg

Selain di depan , ternyata motor ini memiliki kotak penyimpanan yang lainnya dan tentunya dengan kapasitas yang lebih besar yang memiliki kapasitas sebesar 16 liter. letak nya berada pada bagian belakang motor. sperti kotak penyimpanan yang berada di depan, kotak penyimpanan yang dibelakang juga terletak disebelah kanan dan kiri. Untuk membuka kotak tersebut kita harus menggunakan kunci kontak.

FLIP - DOWN PASSENGER SEAT

Untuk menambah kenyamanan motor ini telah menggunakan sandaran tempat duduk yang empuk dan nyaman. Inovasi dari honda ini tentunya sangat berguna sekali ketika kita mengendarai motor ini untuk perjalanan yang jauh. Uniknya lagi, sandaran ini dapat diatur posisinya sesuai dengan keinginan kita sehingga semakin menambah kenyamanan.

PANEL INSTRUMENT YANG CANGGIH

Pihak Honda ternyata telah memberi aura canggih dan inovatif pada motor ini, fitur itu adalah panel instrument yang canggih dengan dilengkapi 25 pilihan warna untuk background panel instrument motor ini. panel juga telah dilengkapi dengan LED. Tombol yang digunakan untuk merubah warna tersebut terletak pada bagian atas panel instrument. Pada panel instrument mencakup informasi berupa speedometer digital, jam, 2 tripmeter, tachometer digital, indikator bahan bakar, indikator gigi, indikator lampu sein dan suhu.

SISTEM PENGEREMAN

Untuk menunjang keamanan, motor ini dilengkapi dengan rem cakram pada setiap rodanya. Pada bagian depan menggunakan rem cakram hidrolik 2 kaliper piston dengan diameter 320 mm dan sintered metal pads dengan desain wavy atau bergelombang.sedangkan pada bagian belakang telah menggunakan rem cakram hidrolik tunggal 1 kaliper piston 240 mm dan resin mold pads dengan desain wavy. Pada rem tersebut telah menggunakan teknologi ABS 2 channel. Motor ini menggunakan velg aliminium 6 jari R 17 yang dibungkus menggunakan ban tubelles dengan ukuran 120/70 - ZR18M/C pada bagian depan dan pada bagian belakang dibungkus dengan ban berukuran 200/50 - ZR17M/C.

FITUR KEAMANAN

Untuk menambah tingkat keamanan, motor ini telah dilengkapi dengan teknologi Honda Ignition Security System (HISS). teknologi ini mengkombinasikan kunci kontak dengan sistem ECU pada motor. kunci pada motor ini telah diberi chip dan sandi khusus yang telah dicocokkan dengan ECU. cara kerjanya yaitu ketika kontak dimasukkan, saat itu sistem ECu membaca sandi kunci. mesin akan menyala jika sandi sama , dan jika sandi tidak sama tentunya motor ini tidak akan menyala.

WARNA

Motor ini hanya tersedia 1 pilihan warna saja yaitu Mat Ballistic Black Metallic (Hitam).
Sumber gambar http://www.totalmotorcycle.com/motorcycles/2014models/2014-Honda-NM4-Vultus2.jpg


SPESIFIKASI

RANGKA
  • Rangka tipe : Diamond (Pipa Baja).
  • suspensi depan : Teleskopik 43 mm, 125 mm stroke.
  • Suspensi belakang : Monoshock Damper, Pro-Link SwingArm, 100 mm travel.
  • Rem depan : cakram tunggal tipe Wavy Hydraulic 2 kaliper piston 320 mm dan Sintered Metal Pads (2-Channel ABS).
  • rem belakang : cakram tunggal tipe Wavy Hydraulic 1 kaliper piston 240 mm dan Resin Mold Pads.
  • Ukuran roda depan : 120/70 - ZR18M/C
  • roda belakang : 200/50 - ZR17M/C.


MESIN
  • Mesin tipe 4-Tak, 8 Katup, SOHC, Parallel 2 Silinder dengan kapasitas 745 cc bersistem pendingin cairan.
  • Sistem bahan bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
  • Diameter x langkah : 77 mm x 80 mm.
  • Tipe transmisinya : 6- kecepatan dengan Automatic Dual Clutch Transmission (DCT).
  • Perbandingan komprehensi rasio nya : 10,7 : 1.
  • Kapasitas oli mesin : 3,9 liter.
  • Daya maksimum : 40.3 kW / 6250 rpm dengan torsi maksimum 68 Nm / 4750 rpm.
  • Tipe kopling : Wet Multiplate Hydraulic 2-Clutch.
  • Tipe starter : Electric Starter.


DIMENSI
  • Panjang keseluruhan : 2380 mm.
  • Lebarnya : 933 mm.
  • Tinggi : 1170 mm.
  • Jarak sumbu antar roda : 1645 mm.
  • Jarak terendah kepermukaan tanah : 130 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk : 650 mm.
  • Berat kosong : 245 kg.
  • Sudut kemudi / trail : 33 derajat / 110 mm.
  • Kapasitas bahan bakar (full) : 11,6 liter.


KELISTRIKAN
  • Kapasitas baterai : 12 V / 11,2 AH.
  • Fitur keamanan : HISS (Honda Ignition Security System).


HARGA

Untuk harga motor Honda NM4 Vultus pada bulan Januari 2016 adalah :
Honda NM4 Vultus = Rp 435.000.000

Harga tersebut adalah harga OTR Jakarta.


Demikian artikel tentang Honda NM4 Vultus. Baca juga artikel yang lain pada blog ini. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar