Kamis, 14 Januari 2016

SANG PREDATOR “YAMAHA YZF R25”

SANG PREDATOR “YAMAHA YZF R25”


Kembali lagi kita akan membahas motor sport keluaran Yamaha, Dimana sebelumnya kita telah membahas Yamaha YZF R 15 , Kali ini kita akan membahas motor sport yang baru dirilis di Indonesia pada tahun 2014 yaitu Yamaha YZF R25. Dilengkapi dengan mesin 250 cc dan di desain lebih sporty mirip dengan motor balap asli seperti moto GP. Semua itu dapat dilihat dari segi desain body depan dan belakang yang meruncing. Yamaha R25 juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang semakin tinggi dan terdepan.
Sumber Gambar www.yamaha-motor.co.jp/mc/sportsbike/yzf-r25/img/yzf-r3_yzf-r25_010wide.jpg
Sebagian ada yang berpendapat bahwa motor ini memiliki teknologi yang hampir mirip dengan dengan motor yang digunakan oleh juara dunia moto GP, Jorge Lorenzo. Motor ini berkapasitas mesin 250 cc, 4 tak, DOHC, dengan Twin Cylinder dan menggunakan system pendingin berupa cairan (Liquid cooled/Radiator).


Beberapa kelebihan dan fitur dari Yamaha YZF R25 adalah:
  • DUAL PREDATOR HEADLAMP : Dual headlamp ini adalah cirri khas dari Yamaha R series. Namun Yamaha R25 ini memiliki headlamp yang agresif dengan sudut angle yang unik, lebih gagah, dan lebih gaya. Desainnya sendiri pun layaknya sang predator. Menghasilkan pencahayaan yang lebih terang dan lebih focus.
  • SUPER BIKE LED TAIL LIGHT : Lampu belakang menggunakan full led yang modern dan sporty. Desainnya terinspirasi dari YZF R1.
Sumber gambar http://motorexpertz.com/uploads/tips-cara-mengatur-jam-yamaha-r25-2014-08-06-c.JPG
  • SUPER BIKE SPEEDOMETER : Desain speedometer yang racy dan multifungsi dan sporty. Serta telah dilengkapi dengan shift gear lamp indicator, sehingga memudahkan pengendara malakukan perpindahan gigi untuk mendapatkan tenaga yang lebih maksimal.
  • MID SHIP SPORTY MUFFLER : Tampil sporty dengan dimensi compact yang menghasilkan suara super sport berkarakter.
  • MULTI LAYERED FAIRING : Yang berguna meningkatkan performa dan mengurangi hambatan udara.
  • ALLUMINIUM CAST WIDE WHELL & WIDE TIRE : Velg lebar berbahan aluminium alloy yang ringan namun kuat, serta dibalut oleh ban tubeless tapak lebar, sehingga daya pencengkraman di aspal lebih maksimal.
  • ASYMETRICAL REAR ARM & TWIN TUBE REAR SUSPENSION BY KYB : Dilengkapi dengan lengan ayun jenis asimetris dengan bahan baja yang kuat, sehingga pengendalian motor lebih baik dan semakin mantap dengan suspense belakang Twin Tube.
  • SUPER BIKE SPLIT SEAT : Salah satu ciri khas dari motor sport, jok anti slip ala super bike sejati yang berguna untuk kenyamanan pengalaman sporty riding pengendara.
  • REV BEYOND YOUR LIMIT : Anti-lock braking system (ABS) di New Yamaha YZF R25 semakin aman dan lebih nyaman dikendarai. Sistem pengereman bagian depan yang sudah dilengkapi dengan ABS sehingga lebih stabil dalam manuver pengereman.


Itulah beberapa fitur dan kelebihan dari Yamaha YZF R25. Teknologi yang digunakan motor ini sudah semakin maju dan terdepan. Motor ini diklaim mampu bersaing dengan motor sport pendahulunya yaitu Kawasaki Ninja 250 fi dan juga Honda CBR 250 R karena Yamaha YZF R25 ini mampu melaju dengan kecepatan yang tinggi yakni 195 km/jam.

Setiap kelebihan atau keunggulan pastinya juga ada kelemahan. Begitupun motor ini, Yamaha YZF R25 juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :
  • RAGKA MASIH DIAMOND BELUM DELTABOX : Sangat disayangkan sekali, Yamaha R25 masih menggunakan rangka Diamond, padahal motor ini termasuk motor sport dengan harga yang tinggi, tapi masih menggunakan rangka yang sering digunakan oleh motor – motor yang murah. Padahal dibandingkan Yamaha YZF R15 dengan harga yang terjangkau sudah meenggunakan Rangka delta box.
  • TIDAK DILENGKAPI DENGAN PEGANGAN/GRIP DIBAGIAN BELAKANG : motor ini adalah motor sport yang meniru moto GP yang tidak memiliki pegangan di bagian belakangnya. Namun yang kita tahu motor ini tidak akan meniru moto Gp yang berada di sircuit justru malah sebaliknya, motor ini ditujukan untuk publik yang pastinya akan digunakan untuk keperluan sehari – hari. Bayangkan jika anda ingin menggeser motor pasti akan lebih kesulitan jika motor tidak dilengkapi dengan Grip di bagian belakangnya, walaupun bisa pasti tangan akan menjadi sakit. Yang lebih mengkhawatirkan adalah ketika kita berkendara dengan berboncengan, Bagi pengendara tidak akan masalah karena memiliki pegangan, Sedangkan bagi yang dibonceng akan bermasalah karena tidak ada pegangan atau grip, sehingga mau tidak mau tempat untuk berpegangan hanya pada pengendara itu sendiri.
  • KUNCI KONTAK BELUM DILENGKAPI DENGAN FITUR PENGAMAN : Dilihat dari segi harga, motor ini memiliki harga yang lumayan tinggi, namun sayangnya belum dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Semua itu dapat dilihat dari belum diberinya fitur pengaman kunci kontak, sehingga resiko motor hilang alias dicuri semakin tinggi.
  • SPAREPART YANG JARANG DAN HARGANYA RELATIF MAHAL : Karena motor ini masih baru di Indonesia, sehingga sparepart nya masih jarang ditemukan. Walaupun ada pasti harganyapun masih relative mahal.
  • DESAIN LAMPU YANG BIASA DAN KURANG SPORTY : dilihat dari segi desain lampu sein, motor ini memiliki lampu sein yang sangat biasa dibandingkan dengan motor sport lainnya. Namun hal ini tidak terlalu menjadi masalah, karena si pemilik motor nantinya bisa mengganti atau memodifikasi lampu seinnya menjadi yang lebig keren dan sporty.
  • MASIH BERANTAKAN DALAM HAL KELISTRIKAN


Yamaha Motor Indonesia membuat pembaharuan atau penyegaran untuk motor sport nya ini. Pada tanggal 9 Mei 2015, Yamaha YZF R25 ini tampil dengan membawa tampilan dan jubah terbaru yakni striping livery tim Yamaha moto GP. Ada 2 livery yang baru yaitu Yamaha movistar moto GP dan monster Yamaha tech 3. Untuk harganya Yamaha movistar moto GP dan Monster Yamaha Tech 3 dibendrol dengan harga lebih mahal 600 ribu dari versi standarnya. Kabarnya jumlah yang diproduksi untuk livery moto GP ini hanya 500 unit saja. Namun pihak Yamaha menyatakan bahwa produksinya bisa saja dinaikkan, namun jika peminatnya banyak.
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/r25/
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/r25/

Menurut kabar yang di dengar, menjelang akhir tahun 2015 lalu, Pihak Yamaha Motor Indonesia merilis warna baru untuk motor sportnya ini, namun itu bukan untuk versi standart namun untuk versi ABS nya yaitu Diablo Red dan Specta Grey. Jadi di versi Abs, Yamaha YZF R25 memiliki 3 warna yaitu Racing Blue, Diablo Red dan Specta Grey.
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/r25/
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/r25/
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/r25/

Spesifikasi Yamaha YZF R25

Mesin
Menggunakan mesin berkapasitas 249 cc, 4 langkah, 8 valve, DOHC, dengan system pendingin cairan (radiator)
Silinder : 2 (posisi tegak)
Diameter x langkah : 60,0 mm x 44,7 mm
Perbandingan komprehensi : 11,6 : 1
Daya Maksimum : 27,2 KW/12.000 rpm
Torsi maksimal : 23,2 Nm/10.000 rpm
Hanya menggunakan Electric starter
Total kapasitas oli mesin : 2,40 L
Menggunakan teknologi Fuel Injection System
Menggunakan 6 kecepatan (transmisi)
Pola Pengoperasian gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6

Dimensi
Panjang : 2.090 mm
Lebar : 720 mm
tinggi : 1.135 mm
Jarak terendah ketanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat : 166 kg
Kapasitas tangki : 14,3 liter

Rangka
Tipe Rangka : Tipe diamond
Suspensi depan : telescopic
Suspensi belakang : Swing ARM
Ban depan : 110/70 – 17 MC
Ban belakang : 140/70 – 17 MC
Rem depan dan belakang : rem cakram hidrolik. Untuk bagian depan berpiston ganda dan bagian belakang berpiston tunggal.

Kelistrikan
system pengapian : system TCI
Battery : GT 28 V (MF BATTERY 7 AH)
Busi : CR93 (NGK)

HARGA

HARGA YAMAHA YZF R25 – Bulan Januari 2016
Yamaha YZF R25 Baru : + Rp. 53.000.000
Yamaha YZF R25 ABS baru : + Rp. 60.255.000
Yamaha YZF R25 Movistar Yamaha Moto GP Livery : + Rp. 53.600.000
Yamaha YZF R25 Monster Tech 3 Yamaha Moto Gp Livery : + Rp. 53.600.000
(catatan : Harga bisa berubah sewaktu – waktu sesuai dengan daerah masing – masing).


Terima kasih untuk teman – teman yang sudah mau membaca artikel tentang Sang Predator Yamaha YZF R25 ini. Baca juga artikel yang lain yang sudah tersedia yaitu Yamaha YZF R15 dan Yamaha R6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar