Kamis, 28 Januari 2016

CB150R DENGAN PERFORMA SANG PENAKLUK

CBR 150 R "PERFORMA SANG PENAKLUK"



Sumber Gambar http://autonetmagz.com/wp-content/uploads/2015/08/Honda-CB150R-StreetFire-Baru-630x345.jpg
Setelah menjadi perbincangan di masyarakat dan sempat keluar video teaser nya sehingga banyak membuat orang penasaran dengan produk motor dari honda. Pada tanggal 5 Agustus 2015 yang lalu akhirnya produk yang banyak membuat penasaran ini telah hadir di Indonesia dengan nama Honda CB150R Facelif dan pastinya produk ini akan siap mengaspal di Indonesia.Motor ini secara resmi diluncurkan di JIExpo Kemayoran Convention Center, Jakarta.

Motor yang mengusung tag line "performa sang penakluk" ini memiliki desain body yang sangat gagah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tampilan di desain dengan konsep desain yang tajam dimulai dari depan hinga belakang. Nantinya motor ini akan bersaing dengan rivalnya yaitu Yamaha Vixion Advance.

Karena produk ini termasuk produk pembaharuan dari versi sebelumnya tentunya akan ada fitur - fitur baru yang di tambahkan pada motor ini. Mari kita ulas apa saja fitur yang ditambahkan pada motor ini.

HEADLIGHT

Apa yang baru pada headlight CB150R ini ? CB150R ini telah menggunakan teknologi lampu LED. Lampu LED tersebut tidak hanya dpasang pada bagian depan, namun semua lampu pada motor ini telah menggunakan teknologi lampu LED mulai dari headlight atau lampu depan, lampu sein dan juga pada lampu stoplamp. Seperti yang kita ketahui teknologi lampu LED memiliki beberapa keunggulannya, diantaranya pencahayaan akan semakin terang, daya tahan lampu akan lebih baik, serta pastinya akan lebih hemat daya.

PANELMETER

Honda CB150R telah menggunakan panelmeter full digital dengan desain yang minimalis namun dibuat lebih rapi dan modern. Tentunya tampilannya lebih keren dibandingkan dengan CB150R versi lama. Pada panelmeter terdapat informasi berupa indikator kecepatan, putaran mesin, indikator bahan bakar, tripmeter dan jam digital.

TANGKI

Pada bagian tangki, motor ini juga mengalami pembaharuan. Pada Honda CB150R yang baru ini memiliki desain tangki yang proporsional. Sehingga menampilkan tampilan yang sangat gagah dan berkharakter. Walaupun di desain berbeda dari versi yang lama, tangki motor ini tetap berkapasitas 12 liter.

NEW AUTO SECURE KEY SHUTTER

Untuk memberikan tingkat keamanan pada produknya, motor ini sudah menggunakan sistem penguncian otomatis. Karena telah menggunakan sistem penguncian otomatis tentunya akan memudahkan kita tanpa harus menutup lobang kunci secara manual. Kita hanya perlu mengunci setang kemudi, keemudian kita menariknya maka akan secara otomatis lubang kunci akan langsung tertutup secara otomatis tanpa kita harus menutupnya secara manual. uniknya, letak lubang kunci sudah tidak lagi berada di stang motor, melainkan sudah berada pada bagian tangki.

MESIN

Karena mengalami pembaharuan, motor ini juga menggunakan mesin bergenerasi baru dengan kapasitas 150 cc, silinder tunggal, 4 langkah, 4 katup, DOHC, dengan 6 kecepatan dan tentunya menggunakan pendingin berupa cairan. Menurut test yang telah dilakukan, motor ii memiliki kecepatan 10,5 detik untuk menempuh jarak hingga 200 meter dan untuk kecepatan maksimalnya adalah 125 km/jam.

Mesin juga telah menggunakan teknologi Roller Rocker Arm, Offset Cylinder dan juga Spinny Sleeve. Karena teknologi tersebut, motor ini menjadi irit dalam pemakaian bahan bakar sebesar 40,58 km/L pada EURO 2 dan 37,87 km/L pada EURO 3 dengan menerapkan metode ECE-R40. Motor ini juga termasuk produk yang ramah lingkungan berkat adanya teknologi andalan honda yaitu teknologi injeksi (PGM-FI).

RANGKA

Masih sama dengan versi sebelumnya, motor ini bibuat menggunakan rangka dengan tipe diamond Steel atau Truss Frame. Namun pembaharuan tetap diberikan pada rangka motor ini yaitu dengan menambahkan penyangga dengan bahan aluminium yang ringan namun kuat yang tentunya sangat berguna untuk menjaga kestabilan serta kenyamanan sang pengendara.

SISTEM PENDINGIN

Motor ini menggunakan sistem pendingin berupa cairan atau yang sering disebut dengan liquid cooled dengan ditambah dengan auto fan (kipas udara) yang akan menyala secara otomatis ketika suhu radiator mencapai 103 derajat celcius. Tentunya dengan adanya kipas ini mesin akan terjaga dari panas yang berlebih (overheat).

TUTUP TANGKI

Melihat dari desain versi sebelumnya, motor CB150R lama memiliki desain tutup tangki yang kurang menarik. Namun pihak Yamaha telah melakukan pembenahan pada bagian ini, dan sekarang tutup tangki yang sebelumnya menonjol kini telah rata dengan tangki dengan desain yang baru dan sporty.
Sumber gambar http://i0.wp.com/tmcblog.com/wp-content/uploads/2015/08/Launching-CB150R-Sonic150R-108.jpg

REAR GRIP

pada bagian rear grip atau pegangan belakang buat pembonceng yang sebelumnya hanya menggunakan desain standar kini telah di ganti dengan model tanduk yang lebih modern.

REAR FENDER

SPeakbor belakang juga dilakukan pembenahan, dam kini tampilannya diubah menjadi lebih sporty. Bagi anda yang hobi dengan modifikasi, speakbor motor ii menggunakan sistem plug and play sehingga dapat dengan mudah di bongkar pasang sesuai keinginan kita.

VELG BARU DAN BAN BARU

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, motor ini telah menggunakan velg baru dengan 10 jari yang memiliki tampilan yang sporty dibalut dengan ban tubelles yang sama dari sebelumnya namun ukurannya kini lebih besar dengan ukuran 100/80 - 17 pada bagian depan dan 130/70 - 17 pada bagian belakang.

REM CAKRAM

Motor ini menggunakan rem cakram tunggal pada kedua rodanya. Dimana pada bagian depan menggunakan cakram hidrolik piston ganda dan pada bagian belakang menggunakan cakram hidrolik piston tunggal. Rem cakram pada motor ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan rem cakram pada motor CB150R versi lama.

SUSPENSI

pada bagian suspensi, motor ini menggunakan suspensi dengan jenis Pro - link pada bagian belakang. Suspensi ini adalah suspensi andalan Honda untuk produk motor sport buatan honda.

KNALPOT

Pihak Honda melakukan pembaharuan juga pada bagian knalpot dengan desain yang lebih sporty dan pastinya keren. Pada ujung knalpot yang dulunya berbentuk bulat kini telah berubah menjadi kotak.

WARNA

Motor Honda CB150R ini ditawarkan dengan 3 pilihan warna yaitu merah (Quantum Red), hitam (Macho Black) dan putih (Rapid White). Menurut kabarnya pada akhir tahun 2015 honda kembali meluncurkan produk Honda CB150R baru dengan edisi yang spesial (Special Edition).Selain warna motor ini juga akan ditambah part seperti udercowl serta penutup headlamp. dan untuk warnanya disediakan warna baru yaitu raptor black dan speedy white.
Sumber Gambar http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/all-new-honda-cb150r-streetfire


SPESIFIKASI

RANGKA
  • Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame).
  • Suspensi depan : teleskopik
  • Suspensi belakang : swing arm dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
  • Rem depan : cakram hidrolik tunggal dengan piston ganda
  • rem belakang : cakram hidrolik tunggal berpiston tunggal.
  • Ukuran ban depan : 100/80 - 17 (Tubeless)
  • Ukuran ban belakang : 130/70 - 17 (Tubeless).


MESIN
  • Tipe mesin : DOHC, 4 Langkah, 4-Katup, Silinder Tunggal dengan volume langkah 149,16cc dengan sistem pendinginan mesin liquid cooled dengan auto fan.
  • Diameter x langkah nya: 57,3 mm x 57,8 mm.
  • Daya maksimum yang dihasilkan : 12,5 kW (16,9 PS) / 9000 rpm
  • dengan torsi maksimum : 13,8 Nm (141 kgf.m) / 7000 rpm.
  • Perbandingan rasio komprehensi mesin nya 11,3 : 1.
  • Transmisi 6 percepatan dengan pola pengoperasian gigi (1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6)
  • Sistem pengapian : Full Transistorized
  • Tipe starter : Pedal kick dan Elektrik .
  • Lampu memakai : full LED mulai headlight, winker hingga stoplamp.


DIMENSI
  • Panjang keseluruhan x lebar : 2019 mm x 719 mm
  • Tinggi mencapai : 1039 mm.
  • Jarak sumbu antar roda : 1293 mm.
  • Jarak terendah ke tanah : 169 mm.
  • Tinggi jok atau tempaat duduk : 797 mm.
  • Berat kosong motor : 136 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter.
  • Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter / per pergantian periodik.


HARGA

Harga untuk motor CB150R pada bulan januari 2016 adalah :
Honda CB150R Facelift (standart) = Rp 25.400.000
Honda CB150R Facelift (Special Edition) = Rp 26.400.000

(Harga tersebut adalah OTR Jakarta)


Demikian artikel tentang honda CB150R. Baca juga artikel - artikel lain yang telah tersedia pada blog ini seperti Honda Sonic 150. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya. Terima kasih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar