Minggu, 17 Januari 2016

MOGE YAMAHA “MT 09”

MOGE YAMAHA “MT 09”


PT Yamaha Indonesia Motor kembali menambah jajaran produknya di Indonesia yaitu Yamaha MT 09. Motor ini berasal dari keluarga MT series. Motor ini tergolong motor moge yang berkonsep street fighter. Motor ini di promosikan langsung oleh pembalap moto GP dunia yang sangat terkenal yaitu Velentino Rossi. Kabarnya, motor ini sangat terkenal di Eropa dan Amerika.
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/mt-09/gallery
Yamaha MT 09 ini sebenarnya sudah lama dikenalkan dalam pergelaran IMOS pada tahun 2014 yang lalu. Untuk masalah kualitas, motor ini tidak perlu di ragukan lagi, karena motor ini di impor langsung dari Negara asalnya yaitu Jepang. Menurut kabarnya Indonesia hanya akan mengimpor motor ini sebanyak 186 unit saja.

Apa Saja fitur – fitur yangtelah disediakan Yamaha untuk motor ini ? mari kita simak di bawah ini :

MENGGUNAKAN MESIN 3 SILINDER

Yamaha MT 09 menggunakan mesin 3 silinder yang tangguh dengan kapasitas 847 cc, DOHC, 4 tak, 4 katup, system pendingin berupa cairan liquid cooled. Memiliki ukuran bore dan stroke 78 mm x 59,1 mm dengan perbandingan komprehensi 11,5 : 1 sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 84.6 kW (115 PS) / 10000 rpm dan torsi maksimal sebesar 87.5 Nm (8.9 kg-m) / 8500 rpm.

Yamaha juga sudah menerapkan teknologi canggih FI (Fuel Injection) serta Yamaha Clip Controlled Throttle (YCCT) pada motor mogenya ini. Teknologi canggih tersebut kabarnya berasal dari model seri super sport Yzf – R. Dengan adanya teknologi tersebut pastinya Yamaha MT 09 menjadi lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Yamaha MT 09 mampu menempuh jarak 240 km dengan tangki terisi penuh 14 liter.

Yamaha MT 09 ini mempunyai akselerasi yang cepat, bayangkan saja hanya butuh waktu sekitar 3,4 detik untuk menempuh jarak 0 sampai 100 km / jam. Kecepatan maksimal dari motor ini mencapai 225 km / jam.

ERGONOMI YANG NYAMAN

Pihak Yamaha mencoba memberikan kenyamanan pada motor Yamaha MT 09 ini sehingga mampu menghasilkan ergonomic yang sangat nyaman. Motor ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengendaranya sesuai dengan gaya berkendara masing – masing sesuai dengan kondisi yang akan dihadapi. Dengan desain stang yang lebar dan tinggi di bagian depan akan memberikan riding position yang lurus dan tegak tentunya. Tingkat kenyamanan juga diberikan pada jok yang berbentuk hampir datar memanjang kebelakang mencapai 400 mm akan membuat pengendara merasa nyaman ketika mengendarai motor Yamaha MT 09 ini.

Tangki besar dengan kapasitas 14 liter ternyata tidak menyusahkan bikers ketika duduk di motor ini. Karena motor ini memiliki tangki yang berbentuk ramping dengan diberi lekukan di sebelah kanan dan kiri. Sehingga dengan diberi lekukan itu, lutut sang bikers bisa menempel dengan baik ke body motor. Hasilnya dapat dipastikan sang pengendara dapat berkendara dengan nyaman.

RANGKA DIAMOND

Pihak Yamaha memberikan rangka baru dengan tipe diamond pada Yamaha MT 09 ini. Rangka ini memiliki struktur yang terdiri dari CF aluminium die – cast pada bagian kiri dan kanan seperti yang telah digunakan oleh MT 01. Karena menggunakan rangka tersebut, motor ini mampu mereduksi berat body motor hingga 171 kg lebih ringan dari Yamaha FZ 8 dan Yamaha YZF R 6. Motor ini juga diklaim sebagai motor sport teringan dikelasnya.


HEADLAMP MULTI – REFLECTOR

Yamaha MT 09 menggubakan satu headlamp di bagian depan dengan bentuk bulat dan telah menggunakan multi – reflector. Dengan diberikannya multi – reflector tentunya pencahayaan yang di hasilkan akan menjadi lebih terang, serta dapat membuat tampilan Yamaha MT 09 menjadi lebih sporty dan futuristic tentunya.

SUSPENSI BARU

Pihak Yamaha memberikan suspensi baru pada motor MT 09 ini, suspensi dengan desain yang terbaru serta telah dilengkapi dengan garpu “Upside Down”, juga dilengkapi dengan tabung Flex – resistant berdiameter 41 mm sehingga menjadikan suspensi Yamaha MT 09 ini terkesan mewah. Untuk menambah kenyamanan suspensi ini menggunakan wheel travel 137 mm yang nantinya akan memberikan pengendalian yang responsive pada berbagai kondisi jalan. Hebatnya lagi, suspensi ini dapat di atur sesuai tingkat peredamnya sesuai dengan keinginan sang pengendara.

Setelah membahas suspensi bagian depan, selanjutnya kita akan membahas suspensi bagian belakang. Di bagian belakang juga telah menggunakan suspensi baru yaitu link – type monocross suspension. Berbeda dengan motor – motor lain yang biasanya dengan posisi suspensi vertikal, tetapi di Yamaha MT 09 ini suspensinya justru dengan posisi horizontal dan di tempatkan di bawah tempat duduk. Lokasi penempatan suspensi itu sangat berguna dalam memberikan kontribusi terhadap sentralisasi massa motor yang sangat berguna untuk meningkatkan pengendalian. Seperti suspensi yang ada di depan, suspensi bagian belakang ternyata juga dapat diatur tingkat peredaman dan tingkat kenyamanan sesuai dengan apa yang di inginkan oleh sang pengendara.

KNALPOT DENGAN 3 SALURAN

Yamaha MT 09 memiliki satu knalpot dengan 3 buah saluran. Saluran tersebut tidak akan mudah berubah warna, serta karat karena saluran knalpot itu telah di lapisi oleh nanofilm serta saluran itu telah di buat menggunakan bahan stainless steel. Dengan ini tampilan motor menjadi lebih keren dan garang di tambah dengan knalpot besar dengan ukuran pendek yang menghasilkan suara yang sangat gagah serta berkharakter layaknya moge.

YAMAHA D – MODE

Yamaha D – Mode ini adalah sebuah fitur canggih yang memberikan tiga pilihan pengeturan throttle velve, tiga pilihan itu yaitu STD Mode, Mode A dan Mode B. Jadi sang pengendara bisa menentukan sendiri mau menggunakan mode sesuai keinginannya. Fitur ini ditempatkan di stang bagian kiri sehingga pengendara mudah menggunakannya.

  • STD Mode, Mode ini dirancang untuk diguanakan dalam berbagai kondisi jalan. Dengan pilihan ini, pengendara mampu merasakan torsi dan power yang di hasilkan dari mesin 3 silinder secara optimal dari kecepatan mesin yang rendah ke kecapatan mesin yang tinggi.

  • Mode A, Dirancang untuk digunakan di jalan yang halus dan rata, karena Mode ini membuat mesin mengeluarkan tenaga maksimalnya. Mode ini akan memberikan respon throttle lebih tajam pada putaran bawah sehingga mampu memberikan sensasi berkendara yang agresif.

  • Mode B, Dirancang digunakan untuk kondisi jalan perkotaan atau dalam kondisi jalan yang buruk. Mode ini membuat respon throttle manjadi lebih ringan sehingga tenaga yang dikeluarkab dapat dikendalikan dengan mudah.


VELG 10 SPOKE DENGAN BAN RADIAL

Untuk membuat tampilan motor ini menjadi moge street fighter sejati, Yamaha memberikan velg aluminium baru dengan 10 spoke wheels. Velg tersebut dilapisi oleh ban baru dengan tipe radial. Pada bagian depan menggunakan ukuran 120 / 70 Z R17 M/C dan pada bagian belakang menggunakan ukuran ban 180 / 55 Z R 17 M / C (73 W).

REM CAKRAM YANG TANGGUH

Untuk keamanan motor Yamaha MT 09 ini telah dilengkapi dengan cakram ganda 4 kaliber piston dengan diameter 298 mm pada bagian depan dan pada bagian belakang menggunakan cakram tunggal dengan diameter 245 mm. Kedua rem cakram tersebut mampu menghasilkan kinerja pengereman yang sangat maksimal sehingga berguna untuk mengehentikan laju dari motor ini.

WARNA

Yamaha MT 09 ini hanya tersedia dalam 3 warna yaitu Blazing Orange, Race Blue dan Matt Grey.
Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/mt-09/color.html


SPESIFIKASI

MESIN
  • Mesin bertipe 3 silinder, berkapasitas 847cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 Tak, 4 Katup dengan sistem pendingin berupa cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter piston dan stroke : 78 mm x 59,1 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasionya 11,5 : 1.
  • Tenaga maksimal mencapai 84.6 kW (115PS) / 10000 rpm & torsi maksimal sebesar 87.5 Nm (8.9 kg-m) / 8500 rpm.
  • Sistem pelumasan basah dengan tipe kopling yang digunakan wet, multiple disc.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection System dengan sistem pengapian TCI.
  • Untuk menghidupkan mesin hanya ada satu cara yakni Electric Starter.
  • Sistem transmisi yang dipakai , constant mesh 6 kecepatan


DIMENSI
  • Panjang keseluruhan body yaitu 2075 mm.
  • Lebar keseluruhan nya ialah 815 mm.
  • Tingginya mencapai 1135 mm.
  • Tinggi jok atau tempat duduk pengendara ialah 815 mm.
  • Jarak sumbu rodanya yaitu 1440 mm.
  • Jarak terendah mesin ke permukaan tanah 135 mm.
  • Berat basah ( dalam hal ini sudah terisi dengan oli serta bahan bakar kondisi penuh (full) ) yakni 188 kg / 191 kg.
  • Kapasitas bahan bakar penuh (full) ialah 14 liter.
  • kapasitas oli pelumas mencapai 3,4 liter.


RANGKA
  • Mengusung rangka jenis "Diamond".
  • Sistem suspensi bagian depan menggunakan Teleskopik, dan untuk yang belakang menggunakan Swing Arm (Link Type Suspension).
  • Sudut kemudi 25 derajat.
  • Trail 103 mm.
  • Rem depan bersenjatakan cakram hidrolik hidrolik berdiameter 298 mm & rem belakang bersenjatakan cakram hidrolik tunggal berdiameter 245 mm.
  • Kedua ban memakai jenis Tubeless yang masing-masing ukurannya yakni 120/70 ZR17M/C (58W) (depan) & 180/55 ZR17M/C (73W).


HARGA

Harga baru Yamaha MT 09 bulan Januari 2016 adalah + Rp 250.000.000.


Demikianlah ulasan kita mengenai salah satu motor dari produk Yamaha yang berasal dari keluarga MT series yaitu Yamaha MT 09. Baca juga artikel – artikel yang lainnya. Sampai ketemu lagi di artikel saya yang berikutnya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar