Minggu, 17 Januari 2016

ALL NEW BYSON FI “TAMPIL LEBIH GAGAH”

ALL NEW BYSON FI “TAMPIL LEBIH GAGAH”


Walaupun setelah kalah start dengan Honda yang telah mengeluarkan 6 moge ke Indonesia, Kini Yamaha mulai menunjukkan gebrakannya. Pabrikan asal sakura dengan lambang garputala tersebut kembali mengeluarkan produk baru bertipe sport yaitu Yamaha All New Byson Fi. Yamaha All new Byson Fi ini adalah versi pembaharuan dari model yang sebelumnya.

Sumber gambar www.sportku.com/uploads/images/all-new-yamaha-byson-fi-20150618221641-1726.JPG
Motor sport dengan mengusung tema “The Most Aggressive Muscular Cruiser” ini telah mengaspal di Indonesia setelah secara resmi dilaunching pada tanggal 18 Juni 2015 yang lalu. Karena All new Byson Fi ini adalah versi pembaharuan, tentunya akan ada part – part yang di buat berbeda dari versi sebelumnya. Mari kta bahas bersama – sama apa saja perbedaannya.

STRIPING

All New Byson Fi ini telah menggunakan striping yang berbeda dari versi sebelumnya ( Yamaha Byson Karburator). Striping barunya ini terlihat sangat futuristic dan bagus, namun sebagai ciri khas dari Yamaha Byson, All New Byson Fi tetap menggunakan gambar tengkorak pada bagian tangkinya. Gambar tengkorak di All New Byson Fi telah mengalami perubahan, dimana dulu di Yamaha byson lama gambar tengkoraknya besar dan ada nama byson, kini di Yamaha Byson yang baru, gambar tengkoraknya lebih kecil dan tulisan Byson nya telah di ubah menjadi api.


HEADLAMP

Terjadi perubahan yang signifikan pada bagian headlamp. Dimana pada model sebelumnya menggunakan model headlamp yang membulat, kini head lamp all New byson fi didesain dengan model V-shape seperti motor Yamaha MT 25, Sehingga membuat tampilan memnajdi lebih keren. Sayangnya headlamp pada all new byson fi ini belum menggunakan model LED. Walaupun tidak menggunakan LED, All new byson ini telah menggunakan lampu dengan tipe halogen. Tipe lampu ini mempunyai pencahayaan yang cukup terang untuk menerangi gelapnya malam. Karena headlamp yang berubah, tentunya letak lampu sein juga akan ikut berubah. Pada byson yang baru, lampu sein di letakkan lebih kebawah dari byson yang lama.


SHROUD

Yamaha All New Byson Fi ini menggunakan model shroud dengan ukuran yang lebar dan besar dibandingkan dengan byson sebelumnya. Dengan desain shroud yang baru membuat Yamaha All New Byson Fi ini tampil lebih agresif. Uniknya, Yamaha menambahkan sebuah lubang sebagai pemanis pada Shroud ini, diamana pada lubang tersebut diberi kawat yang berguna buat aliran udara. Dengan adanya tambahan ini, Yamaha All New Byson Fi memiliki tampilan yang lebih sporty.

CHASSIS

Walaupun masih tetap menggunakan chassis bertipe diamond sama dengan versi sebelumnya, Namun pihak Yamaha membuat chassis di all new byson ini lebih kokoh dan kuat hingga 12 % lebih baik dari Yamaha Byson versi sebelumnya. Perubahan pada Chassis ini membuat jarak terendah ketanah sebelumnya 160 mm, Namun di Yamaha all new byson fi kini menjadi lebih tinggi 170 mm. Jarak sumbu roda pun ikut berubah dari yang sebelumnya dikisaran 1334 mm kini menjadi 1340 mm. Namun pembaruan pada chassis ini justru membuat bobot ini menjadi berkurang dari yang sebelumnya mempunyai berat 136 kg, kini menjadi 133 kg. Untuk bagian suspensi, Yamaha all new byson fi masih menggunakan suspensi yang sama yaitu teleskopik di bagian depan dan monoshock pada bagian belakang.

MESIN

Kapasitas mesin Yamaha All New Byson Fi ini mengalami penurunan, dimana di Yamaha byson lama menggunakan kapasitas mesin 153 cc, kini di All New Byson Fi kapasitas mesinnya dikurangi menjadi 149 cc. Yamaha memang sengaja menurunkan mesinnya dikarenakan agar motor ini bisa lolos dalam emisi EURO 3, dimana sekarang setiap motor harus mempunyai gas buang yang bersih dan standart EURO 3, dan jika motor gak lolos dalam emisi EORO 3 ini, maka motor tidak boleh berkeliaran di jalanan. Walaupun kapasitas mesin diturunkan, namun Yamaha All New Byson Fi ini tak kalah dengan byson versi lama, hanya beda tipis saja. Byson lama mempunyai power mencapai 10,1 kW / 7500 rpm dengan torsi 13,6 Nm / 6000 rpm, sedangakan di Yamaha All New Byson Fi memiliki power mencapai 9,61 kW / 8000 rpm dengan torsi 12,98 Nm / 6000 rpm.

Sesuai dengan namanya, kini Yamaha All New Byson Fi telah menggunakan teknologi Fuel injection, dimana pada byson versi lama masih menggunakan karburator. Seperti yang kita ketahui teknologi Fuel Injection ini tentunya akan membuat penggunaan bahan bakar All New Byson Fi menjadi lebih irit dan efisien tentunya.

JOK

motor ini telah menggunakan model jok split seat ( jok terpisah ) ala motor sport. Kemudian pada pegangan pembonceng juga telah dibuat berbeda, dimana sebelumnya menggunakan pegangan dengan model melengkung dan menyatu kini Yamaha all new byson telah menggunakan pegangan dengan model tanduk.


PANEL DASHBOARD

Panel dashboard pada all new byson telah mengalami penyegaran, dimana pada versi sebelumnya menggunakan panel dashboard yang besar, kini telah diubah menjadi lebih ramping dan dibuat lebih canggih dengan menerapkan LCD digital. Panel dashboard menampilkan indicator kecepatan, odometer, tachometer, trip meter, dan fuel meter. Kemudian di samping kirinya terdapat turn signal, engine warning light dan indicator gigi Netral (N). kemudian di sebelah kanan ada high beam dan fitur ECO. Lampu eco akan menyala ketika motor verada dalam kecepatan antara 10 – 70 km / jam, jika melewati itu maka lampu eco akan mati.


MUFFLER

Untuk bagian Muffler atau knalpot, Yamaha all new byson tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Perbedaannya hanya kini di All New Byson Fi telah menggunakan penutup (cover) pada knalpotnya . Membuat tampilan All New Byson Fi menjadi lebih bagus dan sporty .


BAN

Kini ukuran ban di ubah menjadi lebih besar dari Yamaha byson versi lama. Yang di ubah ukurannya hanya ban belakang sedangkan ban depan ukurannya tetap sama. All New Byson ini menggunakan ban depan dengan ukuran 100/80 – 17 M/C 52 P sedangkan ban belakangnya menggunakan ban ukuran 130/70 – 17 M/C 62S.

TAIL LIGHT

Ternyata bukan hanya bagian depan saja yang mengalami penyegaran, namun bagian belakang juga mendapatkan penyegaran. Diantaranya pada bagian spakbor, diamana kita tahu versi sebelumnya menggunakan spakbor yang besar dan memanjang, namun kini telah menggunakan spakbor dengan ukuran yang lebih pendek.

Selanjutnya pada bagian stoplamp, kini All new byson Fi mengusung bentuk stoplamp yang agressiv dan tajam layaknya sebuah berlian. All new byson fi juaga ditambahi dengan sebuah pelengkap yaitu sebuah besel aluminium yang membuat motor menjadi semakin look agressiv.

Walaupun Yamaha All New Byson telah memiliki banyak fitur, namun sayangnya pada system pengereman motor ini hanya menggunakan rem cakram pada bagian depannya saja. Sedangkan pada bagian belakang hanya menggunakan rem Tromol.

WARNA

Yamaha All New Byson Fi hanya diberikan 3 pilihan warna yaitu :
Silver Bold

Red Combat

Black Fighter

Sumber gambar http://www.yamaha-motor.co.id/all-new-byson-fi/color.php#sthash.4SJhNpPw.dpbs


SPESIFIKASI

Mesin
  • Tipe mesinnya : 149cc, SOHC, Silinder tunggal, 4-Stroke, dengan sistem pendinginan : cairan (liquid cooled).
  • Perbandingan rasio komprehensi : 9,5 : 1.
  • Diameter x langkah nya : 57,3 mm x 57,9 mm.
  • Kapasitas oli mesin : 1,25 liter.
  • Transmisi 5 kecepatan dengan pola pengoperasian gigi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5.
  • Daya maksimum : 9,61 kW / 8000 rpm,
  • Torsi maksimum : 12,98 Nm / 6000 rpm.
  • Sistem starter : Electric & Kick Starter.


Dimensi
  • Panjang keseluruhan : 1990 mm.
  • Lebar : 780 mm.
  • Tinggi : 1045 mm.
  • Jarak sumbu antar roda : 1340 mm.
  • Jarak terendah ke tanah : 170 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk : 790 mm.
  • Berat kosong motor : 133 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter.


Rangka
  • Tipe rangka yang digunakan : Diamond.
  • Suspensi depan : Teleskopik
  • suspensi belakang : Monoshock, Swing Arm.
  • Ban depan : 100/80 - 17 M/C (52P)
  • ban belakang : 130/70 - 17 M/C (62S).
  • Rem depan : cakram tunggal
  • Rem belakang : rem tromol.


Kelistrikan
  • Sistem pengapian : Transitor Controlled Ignition (TCI).
  • Batteray : GTZ4v / YTZ4v.
  • Tipe Busi : NGK / CPR8EA-9.


HARGA

Harga Yamaha All New Byson Fi pada bulan Januari 2016 adalah + Rp 21.650.000.
(harga tersebut dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan daerah masing – masing)



Demikianlah artikel yang mengulas tentang Yamaha All New Byson Fi. Baca juga artikel dunia otomotif yang lainnya seperti tentang Yamaha Vixion Advance , Yamaha N max, Yamaha Mt 25 dan Yamaha R25. Terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar