Minggu, 17 Januari 2016

INI JALAN PENGUASA, INI JALAN KITA “YAMAHA MT 25”

INI JALAN PENGUASA, INI JALAN KITA “YAMAHA MT 25”


Apa yang ada dibenak anda jika Yamaha YZF R25 dilepas jubah fairingnya??? Yamaha MT 25 inilah versi Yamaha yzf R25 yang jubah fairingnya dilepas. Motor baru yang bertipe street fighter ini akhirnya hadir juga ke Indonesia. Menurut kabarnya motor ini pertama kali diluncurkan di Indonesia tepatnya pada hari sabtu tanggal 6 Juni 2015.
Sumber Gambar http://i0.wp.com/rideralam.files.wordpress.com/2015/06/tagline-yamaha-mt-25-jalan-penguasa.jpeg?w=528?w=600
Yamaha MT 25 ini merupakan motor kedua dari keluarga MT series yang masuk ke Indonesia. Dimana sebelumnya sudah ada Yamaha MT 09 yang sudah masuk dan mengaspal ke Indonesia. Yamaha MT 25 mngusung tag line “ini jalan penguasa, ini jalan kita”, sehingga PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) menjadikan Yamaha MT 25 menjadi motor sport naked bike murni dengan handling yang aggressive serta dengan performa mesin yang tinggi.

Di Indonesia, nantinya motor ini akan bersaing dengan Kawasaki z250 dan Suzuki Inazuma 250 yang sudah terlebih dahulu hadir di Indonesia. Walaupun Yamaha MT 25 adalah sejatinya dari R25 yang dilepas fairingnya, bukan berarti motor ini, semua part nya mengadopsi dari R25, namun ada beberapa part yang sengaja dibuat berbeda dan dikhususkan hanya untuk Yamaha MT 25 ini. Sehingga itu nantinya yang membedakan motor ini dengan R25. Motor ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dari R25 karena fairingnya yang telah dilepas.

Mau tahu apa saja part – part MT 25 yang membedakan dengan R 25, mari kita simak ulasannya di bawah ini :

HEADLAMP

Jika dilihat secara kasat mata, bagian headlamp ini adalah bagian yang paling berbeda dari R 25, dimana pada R 25 menggunakan headlamp dengan dual keen eyes atau lampu ganda dan sedangkan pada MT 25 menggunakan headlamp dengan model single eyes atau lampu tunggal. Headlamp MT 25 memiliki bentuk trapezium. Ternyata Headlamp MT 25 memiliki beberapa keistimewaan, keistimewaannya antara lain adalah :
  • Dibekali dengan lampu berjenis halogen dengan daya 60 watt
  • Terdapat dua lampu senja dan terletak diatas lampu utama.
  • lampu telah menggunakan teknologi lampu jenis LED dengan warna putih.
  • Lampu telah menggunakan teknologi AHO ( Automatic Headlight On ), sehinnga lampu akan menyala jika kunci di putar pada posisi ON.


STANG MOTOR

Motor MT 25 ini menggunakan stang kemudi model fat bar ( pipa ) dengan panjang kurang lebih sekitar 720 mm sehingga memudahkan pengendara dalam mengendalikan motor ini. Jelas ini sangat membedakan dengan R 25, dimana R 25 menggunakan stang jepit ( clip on ) khas motor balap.

Yamaha juga telah memberikan fitur menarik pada stang Yamaha MT 25 ini, yaitu dengan diberikannya dumper atau karet tambahan yang telah dipasang di dudukan raiser, sehingga mampu meredam getaran pada stang MT 25 ini, jadi hasilnya getaran akan menjadi minim sehingga pengendara mampu mengendalikan motor dengan mudah dan lebih menyenangkan.

MESIN

Yamaha MT 25 menggunakan mesin dengan kapasitas 250 cc, DOHC, 2 silinder / tegak, 4 langkah, dengan 6 percepatan, system pendingin berupa cairan liquid cooled dan perbandingan komprehensi mesin yaitu 11,6 : 1. Di bagian ini tidak ada yang membedakan dengan Yamaha R 25. Yamaha MT 25 memiliki ukuran stroke yang lebih pendek yaitu 44,1 mm.

Yamaha MT 25 mampu menghasilkan power sebesar 26.5 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimal 22.6 Nm / 10000 rpm. Dari segi power dan torsi, Yamaha MT 25 harus mengakui keunggulan dari Yamaha R 25. Namun itu memang hal yang wajar karena kedua motor ini memang berbeda tipe, dimana R 25 memang didesain khusus untuk tipe motor sport yang harus memiliki tenaga dan performa yang tinggi sedangkan Yamaha MT 25 di desain untuk motor tipe streetfighter yang berguna untuk melibas jalanan perkotaan.

MEMILIKI PEGANGAN BELAKANG

Yamaha berusaha memberikan tingkat keamanan yang tinggi dengan diberikannya pegangan pada bagian belakangnya dengan bentuk tanduk. Fungsi dari pegangan ini sudah sangat jelas yaitu untuk memberikan keamanan bagi pembonceng, dan pegangan ini juga berguna bagi kita yang ingin menggeser motor Yamaha MT 25 ini.

UNDERCOVER ENGINE

Undercover Engine adalah sebuah pelindung atau penutup bagian bawah mesin motor, yang fungsinya sudah jelas yaitu untuk melindungi mesin dari berbagai benda – benda yang bisa merusak mesin bagian luar. Yamaha memberikan undercover ini khusus hanya untuk Yamaha MT 25 sehingga Undercover ini tidak dimiliki pada R 25. Selain sebagai pelindung, dengan adanya undercover ini membuat tampilan motor Yamaha MT 25 lebih sporty dan agresif.


TANGKI BAHAN BAKAR

Tangki bahan bakar di Yamaha MT 25 memiliki penampilan dan desain yang berbeda dengan Yamaha R 25. Tangki Yamaha MT 25 memiliki lekukan – lekukan yang membuat kesan lebih sporty dari Yamaha R 25. Di tangki bahan bakar terdapat lambang MT yang menandakan bahwa motor ini termasuk keluarga MT series. Uniknya, pada bagian bawah tangki terdapat sebuah shroud kecil dengan dihiasi tulisan MT 25, shroud ini berfungsi sebagai scoop agar udara dapat mengalir sehingga mesin tidak cepat mengalami kepanasan.

SPION

Yamaha MT 25 menggunakan tangkai pendek dan bercabang. Spion yang digunakan juga berbeda dibandingkan dengan Yamaha YZF R 25, karena Yamaha R 25 menggunakan spion dengan tangkai khas yang mencirikan khas dari motor sport.
Sumber gambar http://cdn-2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/model-yamaha_20150628_180549.jpg
Semua part diatas adalah part – part yang membedakan antara Yamaha MT 25 dengan Yamaha YZF R 25. Selanjutnya kita akan membahas beberapa part yang memiliki kesamaan dengan Yamaha R 25, apa saja part – part itu? Mari kita bahas di bawah ini .
  • Motor ini masih sama dengan sang kakak yaitu masih menggunakan rangka diamond. Padahal motor ini termasuk motor dengan hargan yang tinggi, tapi sayangnya rangka masih menggunakan rangka diamond, padahal Yamaha R 15 adik terkecil dari keluarga R series sudah menggunakan rangka delta Box.
  • Speedometer masih sama persis dengan speedometer yang digunakan oleh R 25 yang menunjukkan informasi tentang indicator kecepatan, indicator gigi, indicator bahan bakar, indicator posisi gigi, odometer, indicator netral, analog meter, shift timing light, indicator oli, tekanan oli, indicator pergantian oli, jam digital, pengukur suhu mesin, indicator peringatan jika terjadi gangguan pada mesin, pengukur jarak terhadap konsumsi bahan bakar, pengukur efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar dan self diagnosis ( sebuah fitur yang mampu menyelidiki kondisi dari Yamaha MT 25 ini).
  • Untuk memnambah kenyamanan, Yamaha MT 25 menggunakan suspensi teleskopik di depan dan suspense monoshock pada bagian belakang dengan dilengkapi swing arm.
  • Sistem pengereman motor ini menggunakan rem cakram tunggal di bagian depan dan bagian belakang.
  • Ban menggunakan ukuran sama dengan Yamaha R 25 yaitu pada ban depan menggunakan ukuran 110 / 70 – 17 M/C (54 S) dan pada bagian ban belakang menggunakan ukuran 140/70 – 17 M/C (66S).


WARNA

Yamaha MT 25 tersedia dalam 3 warna yaitu Red Rage, Black Strike dan Silver Blue. Bagi anda yang ingin membeli Yamaha MT 25 segera kunjungi dealer – dealer Yamaha terdekat, karena motor ini sudah tersedia di Indonesia.
Sumber Gambar http://www.yamaha-motor.co.id/mt-25/color.html


SPESIFIKASI

MESIN
  • Berkapasitas 250cc, DOHC, 2 Silinder / tegak, 4 Langkah bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter x langkah nya : 60 mm x 44,1 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensinya : 11,6 : 1.
  • Sistem pengapiannya TCI (Transistor Controlled Ignition).
  • Sistem bahan bakarnya Fuel Injection System (injeksi).
  • Transmisi 6 kecepatan dengan pola transmisi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.
  • Sistem pelumasan "Basah" dengan sistem penghidup mesin 1 starter yaitu Electric Starter.
  • Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 26.5 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimum 22.6 Nm / 10000 rpm.


DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2090 mm.
  • Lebarnya 745 mm.
  • Tinggi hingga mencapai 1035 mm.
  • Jarak sumbu antar roda 1380 mm.
  • Jarak terendah ketanah 160 mm.
  • Tinggi tempat duduk nya 780 mm.
  • Berat kosong motor 165 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 14 liter.


RANGKA
  • Dibangun dengan rangka tipe Diamond.
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopik dan belakang menerapkan suspensi Monoshock dengan Swing Arm.
  • Rem depan dan belakang menggunakan single disc brake.
  • Ukuran ban depan 110/70 - 17 M/C (54S) & ban belakang 140/70 - 17 M/C (66S).


KELISTRIKAN
  • Menggunakan batteray tipe GTZ8V.
  • Tipe busi NGK/CR9E.


HARGA YAMAHA MT 25

Harga Yamaha MT 25 bulan Januari 2016 adalah :
Harga Yamaha MT 25 Baru : + Rp 46.000.000
(Harga tersebut dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan daerah dan wilayah masing – masing )


Demikianlah pembahasan singkat mengenai motor Yamaha MT 25 ini. Baca juga artikel lainnya mengenai Yamaha MT 09. Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung, smapai jumpa lagi di blog Dunia Otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar