Kamis, 11 Februari 2016

ZX14R "THE KING OF ALL SPORT BIKE"

ZX14R "THE KING OF ALL SPORT BIKE"


Sumber gambar https://i.ytimg.com/vi/Hh_u_cFUm4E/maxresdefault.jpg

Kawasaki ninja ZX14R, motor ini merupakan motor varian tertinggi dari pabrikan Kawasaki. Motor ini dijuluki sebagai "The King Of All Sport Bike" atau raja dari motor sport. Motor ini juga memiliki kecepatan yang super cepat dikelasnya.

Motor ini memiliki tampilan yang gagah dan kekar walaupun bodinya terlihat gambot. ZX14R ini memiliki berat 268 kg, walaupun bobotnya yang berat, namun motor ini tetap lincah dijalanan. Dengan dibekali desain lampu depan yang menyipit dan juga penggunaan shroud sirip udara yang seperti cakar membuat tampilan motor ini semakin lebih sporty. Tidak hanya itu, untuk menambah kesan sangar dan gagah, motor ini telah dibekali knalpot jenis Nassert Beet yang dipasang disamping kanan dan kiri.

Pada bagian mesin, motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas besar yaitu 1441 cc, 6 percepatan, DOHC, 16 katup, 4 silinder dengan pendingin cairan. ZX14R memiliki akselerasi yang super cepat. Bayangkan saja, hanya untuk menempuh jarak 0-100 km/jam motor ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 detik sedangkan untuk menempuh jarak 201 m motor ini hanya membutuhkan waktu 7 detik. Tenaga yang dihasilkan oleh motor ini adalah 192 horse power (1544,5 kW)/10000 rpm dengan torsi 162,5 Nm (16,6 kgf.m)/7500 rpm.

Pada konsumsi bahan bakar, motor ini terbilang sangat boros. Hal itu tentunya disebabkan karena motor ini memiliki kecepatan yang tinggi sehingga konsumsi bahan bakarnya akan ikut besar pula. Untuk 1 liter bahan bakar, motor ini hanya bisa menempuh jarak 10,3 km. Kecepatan ZX14R ini top speed nya mencapai 300 km/jam.
Kawasaki ZX14R

Selanjutnya pada bagian pengereman, motor ini telah dibekali dengan rem cakram ganda pada bagian depan dengan ukuran 310 mm dan rem cakram tunggal berukuran 250 mm pada bagian belakang. ZX14R ini juga telah menggunakan teknologi pengereman Kawasaki Intelegent Anti-Lock Brake System (KIBS). KIBS ini adalah teknologi yang hampir mirip dengan teknologi ABS yang akan membuat rem tidak akan terkunci saat terjadi pengereman yang mendadak atau keras (pada keadaan darurat). Tentunya ini akan membuat pengendara aman dari kecelakaan.

Kawasaki ZX14R ini dibekali dengan fitur KTRC (Kawasaki Traction Control) dan power mode. Apa sebenarnya fitur KTRC ini??KTRC ini adalah sebuah fitur yang dimana pengendara dapat memilih mode gaya berkendara yang sesuai dengan keinginan, yaitu sport dan touring. KTRC pada ZX14R ini memiliki 3 mode yaitu 1,2 dan 3. Pada mode 1 dan 2 pengendara bisa mendapatkan akselerasi maksimal atau full power dari motor ini. Sedangkan pada mode 3, pengendara dapat merasakan akselerasi yang lebih smooth, dan mode ini sangat cocok digunakan ketika hujan atau ketika melewati jalan yang licin dan basah.

Selanjutnya kita bahas fitur power mode. Fitur ini berfungsi untuk mengatur pengeluaran tenaga yang dikeluarkan oleh ZX14R ini. Fitur ini memiliki 2 pilihan yaitu Full dan Low. Pada pilihan Full, pengendara akan mendapatkan tenaga maksimal dan sedangkan pada pilihan Low, pengendara akan mendapatkan tenaga motor yang lebih smooth.

Speedometer motor ini telah menggunakan speedometer digital dan analog. Pada speedometer digital mencakup informasi mengenai odometer, jam, indikator bahan bakar, posisi transmisi dan trip meter. Sedangkan pada bagian speedometer analog hanya mencakup informasi tachometer.

ZX14R juga telah menggunakan sistem sensor yang terintegrasi dengan teknologi ECU. Sistem ini akan memberikan informasi tentang RPM mesin, Kecepatan putaran roda, tekanan kaliper rem, posisi tingkat percepatan yang sedang digunakan dan bukaan gas.

WARNA

Kawasaki ZX14R ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu merah dan putih untuk versi yang standart. Kemudian pada tahun 2014 kawasaki membuat pembaharuan pada motor ini dengan bekerja sama dengan perusahan suspensi OHLINS asal Amerika. Tentunya motor ini juga mendapat pembaharuan pada bagian warna yaitu hitam-hijau. Motor ini juga tersedia dalam edisi spesial (special Edition) dengan warna hitam - merah.
  • Kawasaki ZX14R Standar

Kwasaki Ninja ZX14R Merah , Putih
  • Kawasaki Ninja ZX14R Ohlins

Sumber gambar http://product.kawasaki-motor.co.id/productdetail-66-zx-14r-ohlins.html
  • Kawasaki Ninja ZX14R Special Edition

Sumber gambar http://product.kawasaki-motor.co.id/productdetail-65-zx-14r-special-edition.html


SPESIFIKASI

RANGKA
  • Suspensi depan : jenis teleskopik ( Upside Down ), sedangkan untuk suspensi depannya lebih condong menggunakan jenis Unitrack Swingarm ( khusus yang tipe ohlins menggunakan ohlins ttx dengan piggyback reservoir dan juga remote preload adjuster ).
  • Rem depan : rem cakram hidrolik ganda berukuran 310 mm ( teknologi ABS )
  • Rem belakang : rem cakram hidrolik tunggal berukuran 250 mm ( teknologi ABS ).
  • Roda depan : 120/70 - ZR17
  • Roda belakang : 190/50 ZR17.


MESIN
  • mesin berkapasitas : 1441 cc, DOHC, 6 percepatan, 16 katup, 4 silinder yang bersistem pendinginan berupa cairan.
  • Sistem bahan bakar : teknologi canggih EFI ( Electronic Fuel Injection ).
  • Sistem pengapian : sistem RON 95.
  • Power/ tenaga maksimum : 192 Horse Power ( 1544,5 kW ) / 10000 rpm
  • torsi maksimum : 162,5 Nm ( 16,6 kgf.m ) / 7500 rpm.
  • Kapasitas bahan bakar : 18,9 liter.
  • Diameter x langkahnya yakni : 84 mm x 65 mm.


DIMENSI
  • Panjang body motor : 2170 mm.
  • Lebar : 770 mm.
  • Tinggi : 1170 mm.
  • Jarak poros roda : 1480 mm.
  • Berat kosong motor : 268 kg.
  • Tinggi tempat duduk : 800 mm.


HARGA

Motor ini dibendrol dengan harga yang relatif mahal, untuk ZX14R versi standart dibendrol dengan harga Rp 336.000.000. Kemudian untuk ZX14R Ohlins dibendrol dengan harga Rp 358.000.000. Dan untuk ZX14R Spesial Edition dibendrol dengan harga Rp 340.000.000.


Demikian artikel mengenai Kawasaki ZX14R. Baca juga artikel yang lain mengenai Kawasaki ER6N dan Kawasaki Estrella 250. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar