Jumat, 19 Februari 2016

H2 & H2R "THE RIVER MARK"

H2 & H2R "THE RIVER MARK"


Sumber gambar www.asphaltandrubber.com/wp-content/gallery/2016-kawasaki-ninja-h2-in-black/2016-Kawasaki-Ninja-H2-black-04.jpg

Pada akhir tahun 2014 di Italia, kawasaki kembali meluncurkan motor super bike terbarunya pada pameran otomotif dunia EICMA. Motor itu diberi nama Kawasaki Ninja H2 dan Kawasaki Ninja H2R. Motor ini banyak menyita perhatian pengunjung pameran saat itu, karena motor ini memiliki tampilan yang benar - benar mewah dan sangat keren. Canggihnya lagi, motor ini juga tercipta dari campur tangan Kawasaki Aerospace Company, yaitu perusahan Kawasaki yang bergerak pada sektor industri pesawat terbang.

Cat yang digunakan untuk membalut Kawasaki Ninja H2 ini bukanlah cat biasa. Namun menggunakan cat khusus yang dikembangkan oleh Kawasaki Heavy Industries (KHI). Cat tersebut adalah gabungan dari larutan ion perak dengan zat pereduksi dan bahan kimia yang akhirnya menghasilkan lapisan perak yang murni. Sehingga tampilan motor ini memiliki warna perak yang sangat mengkilap.

Pada kepala sang motor terdapat embelem bertuliskan "The River Mark". Lambang itu merupakan lambang yang hanya dipakai oleh motor - motor Kawasaki yang dianggap spesial dan tentunya memiliki nilai sejarah yang tinggi. Tentunya dengan menggunakan emblem ini, dapat diartikan bahwa motor ini merupakan karya terbesar yang pernah dibuat oleh Kawasaki.

Motor ini dibangun menggunakan rangka berjenis teralis yang berbahan baja berkualitas dan memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi dipadukan dengan peggunaan suspensi berteknologi KYB. Pada bagian depan menggunakan suspensi Upside Down dengan diameter 3 mm sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan New Uni-Track. Kedua suspensi telah menggunakan peredam getaran yang dapt diatur sesuai dengan keinginan sang pengendara. hebatnya lagi, suspensi motor ini telah menggunakan teknologi Ohlins Electronic Steering Dumper yang berfungsi untuk kontrol serta pengendalian motor menjadi mudah.
Sumber gambar http://www.jebiga.com/wp-content/uploads/2014/10/KAWASAKI-NINJA-H2R.jpg

Kawasaki Ninja H2 ini dibekali dengan mesin 988 cc, 4 silinder, DOHC, 6 percepatan, 4 tak dengan sistem pendingin cairan. Mesin motor ini telah ditambahkan dengan teknologi Supercharged yang berfungsi untuk memberikan dorongan kepada mesin untuk mengeluarkan power yang lebih besar dari tenaga mesin pada umumnya. Pada teknologi supercharged itu terdapat beberapa komponen yaitu Set Up Gear, Impeller (turbin), Crankshaft dan Planetary gear.

Dari kesemua komponen itu, yang menjadi kunci utama dari teknologi supercharged adalah komponen Planetary Gear yang berfungsi untuk menghubungkan dan menggerakkan semua komponen yang berada pada mesin supercharged. canggihnya lagi, supercharged ini adalah teknologi yang belum pernah digunakan untuk motor namun hanya digunakan oleh pesawat, kereta api dan kapal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kawasaki Ninja H2 merupakan motor pertama yang menggunakan teknologi superchsrged.

Motor ini memiliki kecepatan yang super cepat. Hanya membutuhkan waktu 2,5 detik untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam. sedangkan full speed motor ini mencapai 299 km/jam. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari motor ini adalah 200 HP/11000 rpm dengan torsi 144,5 Nm/10500 rpm.

Untuk bagian sektor pengereman, motor ini telah menggunakan rem cakram ganda 4 kaliber piston dari brembo dengan ukuran 300 mm pada bagian depan, selanjutnya pada bagian belakang menggunakan rem cakram tunggal, 2 kaliber piston dari brembo dengan ukuran 250 mm. Pengereman itu telah dipadukan dengan teknogi KIBS.
Sumber gambar http://www.superbike.co.uk/wp-content/uploads/sites/2/2015/03/Screen-Shot-2015-03-06-at-01.24.33.png

Kawasaki juga telah memberikan fitur unggulan khas kawasaki yaitu Kawasaki Traction Control (KTRC). Seperti sebelumnya KTRC ini memiliki mode 1,2 dan 3. Pada mode 1 dan 2 kita akan mendapatkan akselerasi yang sedang hingga maksimum. Sedangkan untuk mode 3 kita akan mendapatkan akselerasi yang lambat. Mode 3 sangat cocok digunakan ketika hujan atau ketika jalan basah. Selain fitur diatas, terdapat juga fitur yang menarik yaitu Kawasaki Launch Control Mode (KLCM) yang memiliki fungsi untuk memaksimalkan akselerasi ketika motor akan berjalan.

Selanjutnya H2R, motor ini adalah versi balap dari Kawasaki H2. H2R pertama kali diluncurkan pada Intermot Motorcycles Fair Cologne tahun 2014 yang diadakan di Jerman. Walaupun H2R adalah versi balap dari H2, namun keduanya memiliki banyak perbedaan.

Seperti penjelasan diatas, bahwa Kawasaki H2 lebih dikhususkan untuk digunakan sehari - hari. Sedangkan H2R lebih ditujukan untuk digunakan dalam balapan. H2 dibekali spion, windshield pendek, knalpot besar dengan 2 lubang. Sedangkan H2R tidak menggunakan spion, windshield tinggi, knalpot kecil 1 lubang. Pada H2R dilengkapi sayap yang berfungsi untuk memecah angin ketika melaju dikecepatan tinggi.

Tenaga dari mesin H2R jauh lebih unggul dibandingkan dengan H2. Itu memanglah wajar, dikarenakan motor H2R dikhusukan untuk balapan disirkuit. Tenaga yang dihasilkan H2R adalah 300 Hp dengan Full Speed 340 km/jam. Sedangkan H2 hanya memiliki tenaga 200 HP denga full speed 299 km/jam.

WARNA

Sumber gambar http://product.kawasaki-motor.co.id/productdetail-79-ninja-h2.html


SPESIFIKASI

RANGKA
  • Rangka : jenis teralis,baja kuat dan berkualitas serta berdaya renggang tinggi.
  • Sudut kemudi motor : 24,5 derajat.
  • Sistem pelumasan : basah dengan menggunakan minyak pendingin.
  • Suspensi depan : Upside Down ( Inverted Fork ) dengan sistem peredaman yang bisa di sesuaikan dengan diameter 43 mm
  • Suspensi belakang : New Uni-Track yang juga menggunakan sistem peredaman getaran dan bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
  • Ban depan : 120/70 - ZR17 M/C ( 58W )
  • Ban belakang : 200/55 - ZR17M/C ( 78 W ) / ( H2R : 190/65 - ZR17M/C ( 78W ).
  • Rem depan : rem cakram ganda dengan 4 kaliber piston yang berukuran 330 mm dengan teknologi KIBS ( ABS )
  • Rem belakang : rem tunggal denagn 2 piston yang berukuran 250 mm juga dengan mengusung teknologi pengereman kawasaki KIBS ( ABS ).


MESIN
  • Mesin : 988 cc, DOHC, 6 kecepatan return, 4 tak, 4 silinder yang bersistem pendinginan berupa cairan.
  • Diameter x langkah : 76 mm x 55 mm.
  • Perbandingan komprehensi mesin : 8,5 : 1.
  • Sistem penyuplai tenaga motor: kawasaki supercharger.
  • Sistem pengapian : digital yang tercanggih saat ini.
  • Sistem bahan bakar : DFI Throttle bodies 4 x 50 mm dengan sitem injeksi berganda.
  • Tenaga maksimal H2 : 200 HP ( Horse Power ) ( 210 HP dengan Air Ram ) Torsi maksimum H2 : 144,5 Nm / 10500 rpm
  • Tenaga maksimal H2R : 300 HP ( Horse power ).


DIMENSI
  • Panjang x lebar x tinggi : 82.1 inci ( 2085 mm ) / ( H2R : 81.inci ) x 30.3 inci (769 mm) x 44.3 inci (1125 mm)/(H2R : 45.7 inci)
  • Jarak terendah ketanah : 5.1 inci ( 129,54 mm ).
  • Tinggi tempat duduk : 32.5 inci ( 825 mm ) / ( H2R : 32,.7 inci )
  • Kapasitas bahan bakar : 17 liter ( 4.5 gal ).
  • Jarak sumbu roda : 57.3 inci ( 1455 mm ).
  • Berat kosong motor : 238 kg.


HARGA
Kawasaki Ninja H2 akan dibendrol dengan harga sekitar Rp 660.000.000. Sedangkan untuk Kawasaki Ninja H2R akan dibendrol dengan harga kurang lebih sekitar Rp 1 miliar.


Demikin artikel mengenai Kawasaki Ninja H2 dan H2R. Jangan lupa baca juga artikel yang lain mengenai PRODUK MOTOR KAWASAKI. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar