Jumat, 05 Februari 2016

KAWASAKI NINJA 650

KAWASAKI NINJA 650


Sumber gambar http://www.wallpaperup.com/504764/2015_Kawasaki_Ninja_650_ABS.html

Kali ini kita akan membahas produk andalan dari kawasaki yaitu Kawasaki Ninja 650. Motor ini sebenarnya adalah motor Kawasaki ER6N berjenis streetfighter yang dipasang fairing. Dengan ditambahkan fairing motor ini menjadi keren, sporty dan eye catching. Walaupun kita melihat motor ini terkesan bulat, Namun motor ini sangat aerodinamis seperti moge - moge pabrikan Kawasaki.

Apa saja fitur - fitur yang ada pada motor ini, mari kita bahas di bawah ini :

Mulai dari headlamp, motor ini dibekali dengan headlamp multireflector dengan 2 lampu. Kemudian terdapat wind shield kaca depan dengan ukuran yang besar. Wind shield ini dapat diubah tinggi rendahnya hingga 3 posisi menggunakan tangan. Jadi pengendara dapat mengatur tampilan wind shield sesuai dengan keinginan dari sang pengendara. Untuk menambah tampilan yang sporty, motor ini dilengkapi dengan spion yang didesain tajam dan menjadi satu dengan headlamp.

Motor ini juga telah dilengkapi dengan instrument yang modern perpaduan antara analog dan digital. Seperti motor - motor biasanya, pada bagian analog manampilkan informasi tachometer. Selanjutnya pada bagian digital menampilkan informasi bahan bakar, indikator kecepatan, odometer, jam dan dual trip meter.
Sumber gambar http://www.wallpaperup.com/833573/2016_Kawasaki_Ninja_650_ABS_bike_motorbike_motorcycle.html

Stang yang digunakan oleh Kawasaki Ninja 650 ini adalah stang berjenis cruiser Handle Bar. Pada stang juga telah terdapat beberapa tombol, pada bagian kanan terdapat tombol Electric Starter dan Engine Cut Off. Kemudian pada stang kiri terdapat tombol lampu sein, lampu dekat jauh dan klakson.

Kemudian terdapat tangki yang besar dengan kapasitas 16 liter. Terdapat lubang pada bagian tengah fairing yang berfungsi sebagai aliran udara pendingin ke mesin. Seperti motor - motor sport biasanya, lampu sein diletakkan pada bagian fairing. Pada bagian belakang, terdapat jok berjenis dual split ciri khas motor sport. Kanlpot didesain dengan ukuran yang pendek. Selanjutnya lampu sein dan stoplamp telah menggunakan lampu jenis LED.

Stang dari motor ini didesain lebar dan lebih tinggi dari tangkinya. Jok dengan posisi yang rendah ala motor balap serta dilengkapi dengan pijakan kaki yang terletak tepat dibawah jok. Keadaan ini tentunya akan membuat posisi pengendara menjadi lurus tegak ketika mengendarai motor ini. Sehingga akan membuat sang pengendara tidak cepat capek dan pegal - pegal. Motor ini memiliki tinggi sekitar 805 mm dari tanah.

Kawasaki Ninja 650 ini memiliki handling yang kurang ketika digunakan untuk kecepatan tinggi. Ini terjadi dikarenakan motor ini memiliki ukuran yang besar serta memiliki berat yang mencapai 209 kg. Dengan berat seperti itu tentunya motor ini menjadi kurang gesit jika digunakan dalam kecepatan tinggi.

Mesin dari motor ini mampu menghasilkan power maksimal 53 kW (72 IPS)/8500 rpm dengan torsi 64 Nm (6.5 kgf.m)/7000 rpm. Ninja 650 ini mampu melaju dengan kecepatan sekitar 220 km/jam. NInja 650 dibekali mesin dengan kapasitas 649 cc, DOHC, 4 tak, 4 katup, Parallel Twin serta telah dilengkapi pendingin berupa cairan.

Walaupun telah menggunakan teknologi terkini yaitu fuel Injection dan sistem pengapian TCBI, namun motor ini tetap terbilang boros dalam penggunaan bahan bakarnya yaitu 19,5 km/liternya. Namun walaupun boros, motor ini tetap ramah lingkungan dengan emisi bersih dan rendah serta lulus uji emisi EURO III.

Selanjutnya masuk kesektor pengereman , motor ini telah dibekali dengan rem cakram tipe ganda pada bagian depan, kemudian ada rem cakram tunggal pada bagian belakang. Pada cakram depan menggunakan 2 kaliber piston dengan diameter 300 mm. Selanjutnya pada bagian belakang menggunakan 1 kaliber piston dengan diameter 200 mm. Rem cakram tersebut melekat pada velg cast whell enam jari yang dibungkus ban tubeless Dunlop Roadsmart II dengan ukuran 120/70 ZR17M/C (58W) untuk bagian depan dan untuk bagian belakang menggunakan ban dengan ukuran 160/60 ZR17M/C (69W).

WARNA

Motor Kawasaki Ninja 650 ini tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Green (hijau), Biru (Blue) dan White (Putih).
Sumber gambar http://product.kawasaki-motor.co.id/productdetail-87-ninja-650-abs.html
Sumber gambar http://modifikasisepedamotor.com/gambar-motor-ninja/


SPESIFIKASI

RANGKA

  • Rangka tipe : "Twin-Tube Perimeter Design " dengan bahan baja dengan daya lentur atau renggang yang tinggi.
  • Suspensi depan : tipe Teleskopik hidrolic 41 mm
  • suspensi belakang : Monoshock dengan peredam getaran.
  • Rem depan : cakram ganda 2 kaliber piston berdiameter 300 mm
  • Rem belakang : rem cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 200 mm.
  • Ban depan : 120/70ZR17M/C ( 58W )
  • ban belakang : 160/60ZR17M/C ( 69W ).

MESIN

  • Mesin berkapasitas : 649 cc, 4-Tak, 4-Katup, DOHC ( Double Over Head Camshaft ), Parallel Twin, 6-kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan ( Liquid Cooled ).
  • Diameter x langkah mesin : 83 mm x 60 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin : 10,8 : 1.
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injeksi 2 x 38 mm Keihin Throttle Bodies.
  • Tenaga maksimum ( Max Power ) : 53 kW ( 72 IPS ) / 8500 rpm
  • torsi maksimum ( Max Torque ) : 64 Nm ( 6.5 kgf.m ) / 7000 rpm.
  • Sistem pengapian : TCBI dengan advance elektronik.

DIMENSI

  • Panjang x lebar x tinggi : 2100 mm x 770 mm x 1180 mm
  • Jarak poros antar kedua roda : 1410 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah : 130 mm.
  • Tinggi tempat duduk : 805 mm.
  • Berat motor : 209 mm.
  • Kapasitas bahan bakar / bensin : 16 liter.

HARGA

Harga kawasaki Ninja 650 untuk versi standart dibandrol dengan harga sekitar Rp 111.400.000. Kemudian untuk Kawasaki Ninja 650 dengan ABS dibandrol dengan harga sekitar Rp 155.000.000.



Demikianlah artikel tentang Kawasaki Ninja 650. Baca juga artikel lainnya tentang motor kawasaki. Sampai juga lagi pada artikel yang selanjutnya, dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar