Jumat, 05 Februari 2016

MOTOR CRUISER DARI KAWASAKI

MOTOR CRUISER DARI KAWASAKI


PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) kembali meluncurkan produk terbarunya dengan motor bertipe cruiser. Motor cruiser dikenal sebagai jenis motor bergaya retro ala Amerika, yang dimana kita tahu bahwa motor jenis ini memiliki stang yang lebih tinggi dari jok/tempat duduk dan memiliki pijakan kaki yang lurus kedepan. Salah satu produk dari jenis cruiser yang terkenal adalah Harley Davidson, Indian, Excelsior Henderson dan masih banyak yang lainnya.

Kini PT KMI yang terkenal dengan motor premium dan sportnya itu mencoba menghandirkan motor baru yang bertipe cruiser. Motor itu diberi nama Kawasaki Vulcan S yang secara resmi dilaunching pada hari jumat tanggal 6 maret 2015 lalu bertepatan dengan Event Java Jazz Festival di Kemayoran Jakarta Pusat. Sebelumnya pihak Kawasaki telah menghadirkan deretan motor baru seperti Kawasaki Ninja H2 dan H2R, ZX-10R, 300, Versys 650 dan Versys 1000.
Sumber gambar http://www.motorcycledaily.com/wp-content/uploads/2014/10/101514middle5.jpg
Seperti motor cruiser yang lainnya, motor ini memiliki penampilan yang gagah dan elegant. Semua itu bisa kita lihat dari penampilannya, seperti terdapat headlamp tunggal berdesain inverted triangle, memiliki pelek yang lebar dan kekar, tampilan instrument yang canggih, knalpot megaphone dan desain stoplamp yang berada di spekbor belakang.

Itu tadi adalah beberapa fitur - fitur keren yang ada di motor ini. Selanjutnya kita akan membahas beberapa fitur lain serta keunggulan dari motor ini.

RANGKA YANG TANGGUH

Motor Kawasaki Vulcan S dibuat menggunakan rangka kuat bertipe "Perimeter" dengan bahan baja yang memiliki daya renggang tinggi. Baja yang digunakan untuk motor ini adalah jenis baja ringan, sehingga memberikan controlling yang relatif mudah. Uniknya, rangka pada motor ini terlihat menyambung dengan suspensi belakang dan swing arm sampai ke bagian belakang dari motor ini.

PANEL INSTRUMENT KEREN DAN MODERN

Panel instrument yang digunakan motor ini adalah perpaduan dari tampilan analog dan digital seperti yang telah digunakan oleh motor - motor jaman sekarang. Pada bagian instrument digital menampilkan informasi seperti indikator kecepatan, jam, bahan bakar, Eco Riding dan Odometer.Kemudian pada bagian instrumen analog menampilkan informasi tachometer. Panel instrument pada motor ini tidak memiliki banyak warna alias warnanya pas sehingga pengendara dapat dengan mudah membaca panel instrument motor Vulcan S ini baik pada siang maupun pada malam hari.

PIJAKAN KAKI DENGAN 3 POSISI

Motor ini memiliki pijakan kaki yang dapat diubah atau disesuaikan dengan keinginan sang pengendara. Pijakan kaki dapat diubah hingga 3 posisi. Yang pertama adalah posisi standart (STD), kemudian posisi maju kedepan hingga 25 mm dan yang terakhir adalah posisi mundur hingga 25 mm.

KNALPOT DI BAGIAN BAWAH MESIN

Motor cruiser ini memiliki knalpot yang diletakkan pada bagian bawah mesin. Hal ini dimaksudkan agar motor cruiser ini dapat melaju dengan maksimal karena gaya gravitasi ditempatkan dititik tengah. Selain itu desain ini juga dimaksudkan untuk memberi tingkat keamanan bagi sang pengendara, karena dengan ini pengendara dapat dengan aman menginjakkan kakinya ketanah tanpa haus takut terkena knalpot yang panas. Desain knalpot dibawah mesin ini juga semakin membuat tampilan motor lebih sporty, gagah dan modern.

MESIN TANGGUH

Vulcan S dibekali dengan mesin berkapasitas 649 cc, DOHC, 8 katup, dengan 4 stroke, 6 kecepatan, parallel twin dengan sitem pendingin cairan (radiator). Mesin motor ini juga telah menerapkan teknologi bahan bakar terkini yaitu fuel injection dengan sistem 2 x 38 mm sub throttles dan menggunakan pengapian TCBI digital. Menurut kabarnya, meski pada putaran rendah maupun putaran tinggi mesin motor ini mampu memberikan kinerja yang baik dan halus. Tanaga maksimum yang dihasilkan mesin adalah 46 kW (63 PS)/7500 rpm dengan torsi 64 N.m (6.5 kgf.m)/6500 rpm.
Sumber gambar http://cdn.metrotvnews.com/images/library/images/oto/2015/03.Maret/Vulcan-First-Impression-1.jpg

WHEELBASE YANG PANJANG

Sperti motor - motor cruiser pada umumnya, motor Vulcan S ini juga memiliki whelbase yang panjang hingga 1580 mm. Tentunya ini ditujukan untuk menambah tingkat keseimbangan dari segi handling hingga kestabilan motor. Selain itu desain wheelbase panjang dapat mendongkrak penampilan menjadi lebih stylish dan juga akan menambah kenyaman pengendara saat menaiki kuda besi ini.

SUSPENSI TANGGUH

Untuk menopang berat 226 kg, motor ini dibekali dengan suspensi yang kuat dan tangguh. Pada bagian depan menggunakan suspensi jenis teleskopik dengan diameter 41 mm dan pada bagian belakang menggunakan suspensi Offset Laydown Single-Shock, Linkage Equipped, dan tentunya dilengkapi dengan 7 pengaturan atau penyetelan tingkat kenyamanan.

REM CAKRAM BESAR

Untuk menahan laju dari motor ini, pihak Kawasaki memberikan rem cakram dengan ukuran besar yang melekat di kaki motor Vulcan S ini. Pada bagian depan dibekali dengan rem cakram tunggal 2 kaliber piston dengan diameter 300 mm, kemudian pada bagian belakang menggunakan rem cakram tunggal 1 kaliber piston dengan diameter 250 mm. Rem cakram besar ini tentunya ditujukan untuk memberikan keamanan bagi sang pengendara.


Menurut kabarnya, motor ini akan dijual diIndonesia dengan kuota yang sangat terbatas yaitu hanya 300 unit Vulcan S saja. Jadi jika anda menginginkan motor ini, segera saja mengunjungi dealer Kawasaki terdekat.

WARNA

Motor Kawasaki Vulcan S ini tersedia dalam 2 warna yaitu Candy Lime Green/Metallic Spark Black (Hijau) dan Flat Ebony (Hitam).
Sumber gambar https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7BSD1uCHCl6Ro_nUx3QLZIjDIlyF6ukheHwa3m5-J6fxh8Af8hy7NBuKhq7CpjNq8tR1x5YtX2VsjdGKJtFMUXPVAHKcpDTF1Jv_4WZSRWwPnqYVwgdbVaFzZWvxuq_rBN2GjdHWeV-Hn/s1600/Harga-Kawasaki-Vulcan-S-Hijau.jpg
Sumber gambar http://static.kawasaki-motor.co.id/products/orig/vulcan650-gry.jpg

SPESIFIKASI

RANGKA
  • Rangka : tipe "Perimeter" berbahan baja yang berdaya renggang tinggi.
  • Suspensi depan : garpu teleskopik 41 mm,
  • suspensi belakang : "offset laydown single-shock, linkage equipped, dengan pengaturan/penyetelan kenyamanan.
  • Sudut kemudi : 35 derajat (kiri/kanan).
  • Ban depan : 120/70R18M/C 59H
  • ban belakang : 160/60R17M/C 69H.


DIMENSI
  • Panjang x lebar x tinggi : 2315 mm x 870 mm x 1095 mm
  • Jarak poros antar rodan : 1580 mm.
  • Jarak terendah ketanah : 130 mm.
  • Berat kosong : 226 kg.
  • Kapasitas bahan bakar : 14 liter.
  • Tinggi tempat duduk : 705 mm.


MESIN
  • Mesin : 649cc, DOHC, 8 Katup, 4-Stroke, 6-kecepatan, Parallel Twin dengan sistem pendinginan berupa cairan (radiator).
  • Diameter Piston x stroke : 83 mm x 60 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensi mesin : 10,8 : 1.
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection 2 x 38 mm dengan sub-throttles.
  • Daya maksimum (max power) : 46 kW (63 PS) / 7500 Rpm
  • Torsi maksimum (torque max) : 64 N.m (6.5 kgf.m) / 6500 rpm.
  • Sistem pengapian : TCBI digital.
  • Rem depan : rem cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 300 mm
  • rem belakang : rem cakram tanggal 1 kaliber piston berdiameter 250 mm.

HARGA

Harga Kawasaki Vulcan S ini dibendrol dengan harga Rp 170.000.000. Sedangkan untuk varian Kawasakai Vulcan S Special Edition dibendrol lebih mahal 2,5 jutaan menjadi Rp 172.500.000.


Demikian artikel tentang motor cruiser Kawasaki Vulcan S. Baca juga artikel lain seperti Kawasaki ninja RR mono dan Kawasaki Ninja ZX-10R. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar